Sukses

Berhubungan Saat Menstruasi

08 Feb 2015, 22:27 WIB
Pria, 27 tahun.

dokter apakah berhubungan seks ketika menstruasi dapat menyebabkan hamil? dan bagaimana cara mengatasi masalah pendarahan pada alat kelamin wanita apabila luka akibat berhubungan seks karena paksaan?

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Selama menstruasi dianjurkan untuk tidak berhubungan karena tidak baik untuk kesehatan. Mengapa? Pertama, dikarenakan darah yang sedang keluar tidaklah steril dan mengandung kuman yang dapat saja menyebabkan infeksi pada kedua pihak. Gejala penyakit daerah kelamin meliputi nyeri kencing, demam dan sulit menahan kencing.

Berhubungan saat menstruasi walaupun kecil kemungkinan terjadi kehamilan akibat hubungan seksual saat menstruasi. Namun perlu diketahui bahwa hubungan seksual saat menstruasi bisa saja berisiko terjadi kehamilan pada individu dengan siklus haid yang tidak teratur.

Perdarahan pasca berhubungan seksual juga dapat terjadi karena adanya erosi di vagina dikarenakan baru pertama kali berhubungan atau berhubungan seksual  belum terlalu sering sehingga vagina masih sempit, akibatnya penetrasi (penis masuk ke vagina), terutama bila wanita masih belum penuh terangsang dapat menyebabkan gesekan yang mengakibatkan luka atau lecet. Perdarahan biasanya tidak berlangsung lama dan akan berhenti dengan sendirinya namun jika perdarahan semakin banyak harus segera dibawa ke rumah sakit atau pusat pelayanan kesehatan terdekat. Dan alangkah baiknya jika melakukan hubungan tidak didasari atas paksaan dan akan lebih indah jika sudah SAH dimata hukum dan agama. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar