Sukses

Peran Antioksidan Dalam Mencegah Kanker

02 Oct 2015, 18:37 WIB
Wanita, 32 tahun.

Apa benar jika makan sayur dan buah yg memiliki antioksidan akan mencegah kanker? Kenapa kanker banyak dialami kaum wanita daripada pria?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sebelumnya, Kami akan terlebih dahulu bahas mengenai penyebab timbulnya kanker.

Kanker diketahui terjadi akibat adanya mutasi gen pada sel tubuh. Terjadinya mutasi gen ini dapat dipengaruhi oleh berbagai penyebab, salah satunya adalah radikal bebas yang banyak didapatkan dari lingkungan (sinar uv, radiasi, merokok, polusi udara, memakan makanan yang dibakar/hangus, dll).

Oleh karena adanya pengaruh radikal bebas yang tidak baik bagi kesehatan terutama sel-sel tubuh, tubuh memerlukan suatu komponen penting yang menangkal serangan radikal bebas yaitu Antioksidan.

Antioksidan adalah zat yang dapat melawan pengaruh bahaya dari radikal bebas yang terbentuk sebagai hasil metabolisme oksidatif, yaitu hasil dari reaksi- reaksi kimia dan proses metabolik yang terjadi di dalam tubuh.

Dengan demikian, banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung antioksidan tinggi bermanfaat bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas sebagai pencetus kanker.

Hampir semua sumber antioksidan alami didapat dari sayur-sayuran, buah-buahan, dan rempah-rempah. Itulah mengapa disarankan agar mengkonsumsi sayur dan buah 5 kali atau lebih dalam sehari untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. 

Insidensi kanker sendiri berbeda pada tiap jenisnya. Tidak selalu wanita lebih banyak menderita kanker dari pada pria. Namun perlu diperjelas kanker apa yang dimaksud. Misalnya, pada kanker payudara atau kanker serviks memang insidennya lebih tinggi pada wanita. Sedangkan bila menyebutkan kanker prostat, tentu hanya pria yang mengalami. Demikian pula dengan kanker lainnya.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar