Sukses

Membersihkan Plak dengan Daun Sirih

04 Feb 2015, 17:07 WIB
Wanita, 19 tahun.

kalau menghilangkan jigong itu , pakai daun sirih gimana caranya ... terus kalau mau menghilangkan bibir hitam dan pecah-pecah gimana ?? minta solusi nya ... terima kasih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Jigong merupakan bahasa awam terhadap plak yang bercampur dengan sisa makanan pada permukaan gigi yang tidak dibersihkan. Pembersihan plak dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu mekanis dan khemis. Cara mekanis merupakan cara yang sangat efektif dalam membersihkan plak dan mencegah terjadinya keradangan. Kesalahan dalam menyikat gigi dapat  membuat pembersihan mekanis tidak maksimal, sehingga diperlukan juga pembersihan dengan cara khemis yang dimaksud dengan khemis ini adalah dengan cairan seperti obat kumur atau rebusan daun sirih. Maka sebaiknya pembersihan plak dalam rongga mulut dilakukan dengan kombinasi antara menyikat gigi dan berkumur. 

Penyebab dari bibir kering  dan pecah-pecah adalah lapisan minyak dari bibir yang hilang, yang mungkin disebabkan oleh beberapa hal seperti : paling sering oleh udara dingin (dalam kondisi anda mungkin kulit bibir anda sensitif jadi mudah kering bila terkena AC), terutama pada udara yang kering, dan juga oleh kebiasaan menjilat bibir. 

Yang harus anda lakukan adalah perbanyak konsumsi banyak air putih. Lip Balm sebenarnya hanya mepunyai efek yang sementara, banyak data yang menyebutkan bahwa petroleum jelly dapat menyembuhkan, dan beberapa produk yang mengandung lonolin mungkin Anda bisa dapatkan jenis obat-obatan ini bila anda konsultasi ke dokter specialis kulit dan kelamin. Coba hindari menjilat bibir anda dahulu saat ini, dan konsumsi air putih yang lebih banyak. 

Hindari kebiasaan menjilat apalagi menggigit-gigit bibir. Alih-alih membuat bibir menjadi lembab, kebiasaan menjilat bibir justru dapat membuat bibir bertambah kering. Enzim yang terkandung dalam air liur dapat membuat bibir kering, dan kebiasaan ini dapat membuat bakteri yang terkandung di dalam mulut menumpuk dan membuat sudut bibir pecah-pecah. Dan untuk menghilangkan pigmentasi atau kehitaman pada bibir dapat konsultasikan ke dokter spesialis kulit.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar