Sukses

Hipokalemia
04 Feb 2015, 17:27 WIB
Pria, 28 tahun.

dok, saya mau tanya apa penyakit hipokalemia ato sering disebut kurang kalium bisa sembuh? jika iya bagaimana caranya, thx

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Hipokalemia bukan penyakit tetapi merupakan suatu kondisi. Hipokalemia merupakan istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan kondisi rendahnya konsentrasi kalium dalam darah. 

Normalnya kadar kalium dalam darah adalah 3,5-5,0 mEq/liter. Asupan kalium seharinya dapat mencapai 70-100 mEq (270-390 mg/dl) dan kelebihannya akan dibuang oleh ginjal bersama urin. Pada kondisi tertentu, tubuh dapat mengeluarkan kalium secara berlebihan baik melalui saluran kemih (kelainan ginjal, leukemia), saluran pencernaan (diare, muntah, penggunaan pencahar, dsb), hingga efek samping pengobatan (diuretik, steroid, dsb) menyebabkan penurunan kadar kalium dalam darah yang disebut hipokalemia. Adapun kurangnya asupan kalium saja jarang menyebabkan timbulnya kondisi hipokalemia ini.  

Hipokalemia dapat diatasi sesuai dengan penyebabnya. Sebaiknya Anda mengkonsultasikan langsung ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mencari tahu apa penyebab dari hipokalemia yang Anda alami sekarang. Untuk penanganan hipokalemia yang tidak terlalu parah dapat dengan pemberian suplemen kalium per oral atau dengan mengkonsumsi buah yang banyak mengandung kalium seperti pisang. Tetapi jika keadaan hipokalemia ayng terjadi cukup parah maka perlu pemberian kalium intravena dan penanganan di rumah sakit.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar