Sukses

Rebusan Daun Sirih untuk Menghilangkan Plak

14 Feb 2015, 12:50 WIB
Pria, 28 tahun.

air rebusan daun sirih untuk menghilangakan plak itu udah dingin atau msh hangat dok?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan  layanan e-konsultasi.

Pembersihan plak dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu mekanis dan khemis. Cara mekanis merupakan cara yang sangat efektif dalam membersihkan plak dan mencegah terjadinya keradangan. Kesalahan dalam menyikat gigi dapat  membuat pembersihan mekanis tidak maksimal, sehingga diperlukan juga pembersihan dengan cara khemis yang dimaksud dengan khemis ini adalah dengan cairan seperti obat kumur atau rebusan daun sirih. Maka sebaiknya pembersihan plak dalam rongga mulut dilakukan dengan kombinasi antara menyikat gigi dan berkumur.   Berkumur dengan rebusan air daun sirih ini dapat mencegah perlekatan bakteri dan menghambat pertumbuhan bakteri sehingga pembentukkan karang gigi tidak terjadi dan keradangan gusi dapat dicegah. 

 Daun sirih yang mempunyai nama ilmiah piper betle linn telah dipercaya secara turun temurun untuk digunakan sebagai tanaman obat pada beberapa penyakit. Aroma yang khas akan terasa apabila daun ini diremas atau dikunyah, ini dikarenakan adanya kandungan zat kimia tertentu. Daun sirih segar mengandung banyak zat kimia diantaranya vitamin C, jodium, karbohidrat,kalsium, protein, lemak, air, tiamin, riboflafin, zat besi, kalsium, fosfor, tepung, glukosa, sukrosa, karoten dan minyak atsiri.

Minyak atsiri pada daun sirih merupakan zat yang berdaya antiseptik, antioksidan, antimikroba, dan mempunyai aktivitas terhadap beberapa macam bakteri yang ada didalam mulut.  Sifat-sifat yang dimiliki minyak atsiri inilah yang mampu mengurangi peradangan gusi, dimana keradangan tersebut disebabkan oleh bakteri yang ada dalam karang gigi. Berdasarkan suatu penelitian daun sirih merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai daya antibakteri paling tinggi terhadap jenis bakteri dalam rongga mulut seperti streptococcus viridans dan staphilocccus aureus.

Terdapat berbagai macam cara pengolahan daun sirih, guna mendapatkan kandungan yang diperlukan, tetapi cara merebus adalah yang paling murah dan mudah. Hasil rebusan tersebut kita gunakan untuk berkumur, dan air rebusan yang digunakan untuk berkumur dalam keadaan yang sudah dingin.  Dibutuhkan 10-15 gram daun sirih dan direbus dengan 100 ml air putih kemudian menjadi rebusan sebanyak 75 ml.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar