Sukses

Nyeri Perut Kiri, Apakah Maag?

12 Feb 2015, 11:54 WIB
Pria, 21 tahun.

mau tanya dok.saya terkena maag.tiap pagi setelah BAB perut itu nyeri sebelah kiri.mungkin 10 menitan baru hilang..itu gmna dok.ap penyebab maag itukah?trus anjuran makanan yang baik dan kalau minum herbal apa yang baik..mksih infony dok

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Namun perlu diketahui sejak kapan Anda merasakan keluhan tersebut? Apakah ada gejala lain seperti demam, mual, muntah, penurunan berat badan, rasa panas di tenggorokan, sering sendawa? Apakah sebelumnya Anda pernah berobat ke dokter? Dimana letak pasti nyeri perutnya, apakah perut kiri bawah atau sekitar ulu hati? Adakah perubahan pola BAB, seperti darah atau lendir pada BAB Anda? Bagaimana dengan pola makan Anda, apakah sudah teratur atau sering terlambat makan?

Nyeri perut pada bagian kiri dapat berarti beberapa hal, diantaranya adalah gastritis (peradangan lambung, atau dalam bahasa awam dikenal dengan maag), dispepsia, duodenitis, dan gangguan pencernaan lainnya. Apabila pola makan Anda tidak sehat (banyak makan pedas, asam, berlemak), kurang serat pada makanan, kurang minum air putih, dan waktu makan tidak teratur, maka mungkin saja gangguan pencernaan menjadi penyebabnya.

Beberapa makanan dan minuman dapat memicu peningkatan asam lambung. Adapun daftar lengkap makanan tersebut dapat Anda temukan pada artikel yang telah kami buat: 

Selain mengurangi konsumsi makanan di atas, berikut adalah saran yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah maag :

  1. Hindari rokok dan asap rokok
  2. Hindari stress
  3. Olahraga selama 30 menit dengan frekuensi minimal 3 kali seminggu
  4. Tidur cukup dengan durasi minimal 8 jam per hari
  5. Makan sedikit tapi sering. Frekuensi makan dapat ditingkatkan hingga 6 kali sehari, dengan pembagian 3 kali makan besar, 3 kali makan kecil (snack)
  6. Jangan konsumsi apapun dalam durasi 4 jam sebelum tidur
  7. Jangan berbaring setelah makan
  8. Hindari alkohol, kopi, cokelat, tomat, bawang, makanan berlemak, atau pedas
  9. Jangan kenakan pakaian ketat, terutama yang menekan bagian perut
  10. Hindari konsumsi obat-obatan golongan nitrat, antikolinergik, antidepresantrisiklik dan NSAID tanpa petunjuk Dokter, dan selalu informasikan Dokter Anda bila Anda memiliki penyakit maag.

Diperlukan lebih banyak informasi untuk mengetahui diagnosis dari kondisi kesehatan Anda. Juga diperlukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Jika keluhan sangat mengganggu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan sehingga penyebab keluhan Anda dapat segera ditentukan dan ditangani secara optimal.

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan Anda lekas teratasi.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar