Sukses

kanker serviks pada ibu hamil

02 Oct 2015, 19:06 WIB
Pria, 16 tahun.

dok ibu saya terdiagnosa kanker rahim, tapi dia sedang hamil muda apakah bisa kanker nya dihilangkan dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Apakah yang Anda maksud adalah kanker leher rahim atau kanker serviks? Jika ya, pada stadium berapa kondisi kanker yang ibu Anda alami saat ini?

enanganan kanker serviks dapat dilakukan dengan cara operasi, terapi radiasi dan kemoterapi. Namun operasi dan terapi radiasi adalah 2 modalitas utama di dalam penanganan kanker leher rahim invasif. Pada umumnya, operasi terbatas pada pasien dengan stadium I dan IIA, sementara radiasi dapat dilakukan pada semua stadium dari penyakit. Kemoterapi merupakan penanganan pada pasien dengan stadium IVB atau mereka dengan kanker yang rekuren (sering kambuh) yang tidak dapat dilakukan terapi radiasi maupun operasi. Masing-masing stadium memiliki pilihan terapi utama yang dilakukan dan dibutuhkan pemeriksaan fisik secara lengkap sebelum memutuskan terapi yang tepat untuk menangani kanker serviks stadium lanjut.

Untuk menyesuaikan terapi yang tepat bagi ibu Anda sesuai kondisi penyakitnya saat ini, akan lebih tepat jika Anda berkonsultasi lebih lanjur dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang saat ini merawat ibu Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar