Sukses

Solusi Cepat Lupa

05 Feb 2015, 17:52 WIB
Pria, 18 tahun.

Salam. Dok saya cepat lupa, padahal umur 18 tahun. kadang saya jengkel sendiri,contohnya : saya mau cari keyword di google, belum 5 detik saya lupa, bahkan lebih cepat. tambah parah aja tiap hari. susah kalau lagi berdebat,soalnya lupa materi. Note : saya suka begadang tiap hari & tidak pernah olahraga. apakah saya berpotensi di usia tua alzheimer? solusinya?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan seseorang untuk mengingat sesuatu biasanya memang menurun. Namun, mereka yang di usia muda pun tidak luput dari gejala penurunan daya ingat, yang biasanya disebabkan oleh:

Terdapat beberapa aktivitas yang dapat dilakukan untuk mempertahankan bahkan menambah kualitas daya ingat, yaitu dengan mengasah otak melalui beberapa contoh aktifitas sebagai berikut:

  • Melakukan hobi seperti: melukis, menjahit, memasak, dan lain sebagainya

  • Belajar bahasa asing

  • Membaca

  • Belajar memainkan alat music

  • Bermain teka-teki silang

  • Berinteraksi dengan orang baru

  • Menjadi sukarelawan.

Karena daya ingat juga dipengaruhi oleh gaya hidup, tidak ada salahnya Anda menerapkan gaya hidup sehat sepertu berikut:

1.Berhenti merokok 

Para perokok memiliki risiko lebih tunggu untuk menjadi lebih pelupa dibandingkan mereka yang tidak merokok

2.Aktif secara fisik

Olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk otak dan bisa mendukung pertumbuhan sel di otak. Dianjurkan untuk berolahraga paling tidak 30 menit dalam sehari, dengan frekuensi minimal 3 kali seminggu

3.Hindari trauma kepala

Trauma kepala akan meningkatkan risiko terjadinya Alzheimer. Oleh karena itu selalu lindungilah kepala dari kemungkinan trauma, misalnya: memakai helm saat akan mengendarai motor atau sepeda.

4.Periksa kesehatan secara berkala

 

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar