Sukses

Kedua Kaki Lemas

14 Mar 2015, 11:24 WIB
Wanita, 44 tahun.

Selamat malam dok, ibu saya akhir2 ini mengeluh capek pada kedua kakinya. Asam urat normal, kolesterol sedikit tinggi dr normal. untuk mengurangi rasa sakit, biasanya dipijat ringan.. Bolehkah dok?? biasanya rasa sakit itu berada di tumit, jari manis, serta kaki bgn atas kanan. Habis dipijat tangan dan kaki langsung panas dlm waktu lama. Itu normalkah dok? terima kasih dokter..

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah selain kolesterol yang agak tinggi, ibu Anda juga memiliki diabetes, hipertensi, atau lainnya? apakah beliau mengalami kesulitan saat berjalan? lalu sejak kapankah keluhan tersebut dirasakan?

Keluhan capek dan lemah pada kedua kaki dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti gangguan metabolik (diabetes, gangguan tiroid), gangguan pada otot atau persendian (pinggul, lutut, dan lainnya), gangguan saraf, gangguan elektrolit, dan sebagainya. Dehidrasi dan aktivitas fisik yang berlebihan juga dapat membuat seseorang merasa lebih lemas dan tak bertenaga.

Memijat bagian yang dirasa tidak nyaman boleh-boleh saja, namun hal itu bersifat sementara karena tidak dapat mengatasi penyebabnya. Kami sarankan Anda memeriksakan ibunda ke dokter terdekat supaya dapat dilakukan pemeriksaan fisik diagnostik langsung untuk mencari tahu penyebab keluhan, sehingga ibunda mendapat pengobatan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar