Sukses

Sering Lupa dan Susah Konsentrasi

07 Mar 2015, 21:44 WIB
Pria, 18 tahun.

Salam. Dok, saya mempunyai masalah dengan Ingatan, mudah sekali saya melupakan suatu hal. contoh, saya mau nyari sebuah kata di google. eh 5 detik kemudian saya lupa apa yang ingin saya cari, kadang lebih cepat lagi. mudah sekali saya lupa. bahkan hal inilah yg menyusahkan saya ketika belajar di perkualiahan ketika berdebat atau mengemukakan pendapat, karena saya akan melupakan dengan mudah. solusinya gimana dok, saya harus pergi kemana? apakah ekstrak kulit manggis dapat mengatasi penyakit ini? dan apakah di usia tua saya resiko Pikun (Alzheimer) ? Terima kasih dok, saya mohon jawabanya Catatan dok : saya sering begadang dan jarang olahraga.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sering lupa merupakan gejala yang umum, bisa saja keluhan Anda tidak memiliki landasan kelainan yang mengkhawatirkan. Namun jika keluhan lupa ini begitu parah, misal sampai Anda lupa kejadian yang baru saja Anda alami, kami menyarankan anda untuk berkonsultasi langsung dengan ahli saraf atau neurolog. Penyakit lupa memang ada, namanya alzheimer, namun biasanya penyakit ini menyerang orang tua bukan anak muda.

Saya dapat memahami perasaan anda saat ini. Tentunya anda merasa terganggu dengan berbagai keluhan yang Anda rasakan. Namun informasi yang Anda berikan masih sangat terbatas. Idealnya perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pastinya.

Sementara ini kami hanya bisa menduga bahwa berbagai keluhan yang Anda rasakan merupakan akibat kelelahan yang Anda alami baik secara fisik ataupun psikis. Hal ini kemudian menimbulkan kesulitan konsentrasi yang membuat Anda menjadi mudah lupa.

Cobalah untuk lebih rileks, istirahat cukup, olahraga teratur dengan pola makan sehat. Bila Anda dapat melakukannya secara teratur niscaya keluhan yang anda rasakan akan berkurang secara perlahan. Selain itu, coba latih otak Anda tetap aktif dan coba menulis kegiatan Anda dalam jurnal untuk membantu Anda dalam mengingat masalah, sehingga Anda tidak melupakan hal-hal penting.

Mengenai manfaat ekstrak kulit manggis sendiri sebenarnya belum terbukti secara ilmiah. Buah atua sayur, termasuk manggis aman untuk dikonsumsi. Namun saat ini sediaan ekstrak kulit manggis tersebut sudah diolah dan kami tidak mengetahui apa saja yang terkandung di dalamnya. Akan lebih baik jika Anda mengkonsumsi buahnya secara langsung yang tidak diolah. Mengenai efek sampingnya jika dikonsumsi dalam jangka panjang, kami juga belum dapat menjawabnya karena belum pernah ada penelitian atau studi mengenai hal tersebut.

Yang terpenting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi adalah melalui makanan yang dimakan sehari-hari. Suplemen hanyalah tambahan. Mengkonsumsi makanan sehat, lebih banyak buah dan sayur, olahraga teratur 3x/minggu, tidak merokok/minum alkohol, istirahat cukup dan menghindari stres sepertinya cukup membuat tubuh Anda lebih sehat :)

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar