Sukses

Pemulihan Pasca Stroke

02 Oct 2015, 11:01 WIB
Wanita, 29 tahun.

Halo...dokter, saya mau tanya nih mengenai tentang pembuluhan darah pecah di otak. Kemarin hampir 2 minggu ibu saya di rawat di rumah sakit, ternyata setelah di periksa ibu saya pembuluhan darah di otak pecah dan alhamdulliah sekarang darah di otak sudah menutup. Dan di bolehkan pulang, tp kmrn ibu saya mengalami muntah dan mengeluarkan darah. Saya kaget dan sedih. Itu menurut dokter bahaya tidak. Terima kasih dokter.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Tampaknya yang ibu Anda alami adalah stroke hemoragik, yaitu pecahnya pembuluh darah otak.

Proses rehabilitasi untuk mengatasi gangguan fungsi dan keterampilan yang ditimbulkan akibat stroke terdiri dari:

  • terapi fisik - belajar berjalan, duduk, berbaring, perubahan dari satu gerak ke gerak lain
  • terapi okupasi - belajar makan, minum, menelan, berpakaian, mandi, membaca, menulis, buang air
  • terapi wicara - belajar keterampilan bahasa dan komunikasi. Komunikasi non-verbal dengan bahasa tubuh dapat diterapkan sebelum dapat  menggunakan komunikasi verbal (berbicara)
  • terapi psikologis/psikiatrik - untuk membantu meringankan stres mental dan emosional (seperti depresi) yang umumnya menyertai penderita stroke. Keadaan ini bisa timbul baik sebagai akibat lokasi kerusakan otaknya atau sebagai bentuk reaksi penderita terhadap stroke.

Selain itu, tentunya ibunda Ibu harus meminum secara teratur obat-obat yang diberikan oleh dokter, terutama obat pengencer darah (aspilet) dan hipertensinya. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya serangan stroke lagi. Tentunya harus diikuti dengan gaya hidup yang sehat, seperti makan makanan dengan nutrisi yang baik, rendah garam, dan rendah lemak, serta tidak merokok atau menghirup asap rokok dari perokok di sekitarnya. Peran Anda sebagai anak adalah mendukung ibu Anda karena secara psikologis penderita stroke sangat membutuhkan dukungan moril.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar