Sukses

Vagina Bengkak Setelah Berhubungan Intim

03 Feb 2015, 10:43 WIB
Wanita, 28 tahun.

Hallo dok saya mau nanya, sejak awal berhubungan seks sampe sekarang vagina saya bengkak setiap kali habis berhubungan intim, bengkak nya hilang biasa 1-2 hari, sakitnya gak ekstrim tapi saya takut kenapa selalu bengkak setelah berhubungan intim? pembengkakan terjadi di mulut vagina, terlebih di daerah vagina dekat anus. Gejala apakah itu kira2 dok?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Penyebab membengkaknya bagian vagina setelah berhubungan seksual dapat disebabkan oleh dua kondisi berikut:

1. Kondisi normal, dimana pada saat berhubungan seksual maka darah yang dialirkan tubuh menuju organ kelamin akan bertambah. Jaringan kelamin yang menampung lebih banyak darah tersebut akan terkesan membengkak dan terlihat lebih besar. Hal yang penting diperhatikan adalah bahwa dengan penyebab ini biasanya tidak dirasakan nyeri yang terlalu berlebihan. Terutama bila hubungan seksual Anda tidak terganggu, maka Anda tidak perlu khawatir,

2. Kondisi iritasi, hal ini dapat terjadi akibat pelumasan organ vagina yang belum cukup, sehingga menyebabkan terjadinya peradangan bagian vagina pada saat berhubungan seksual. Kondisi ini ditandai dengan munculnya rasa nyeri, perih, dan terkadang hingga mengganggu hubungan seksual. Bila kondisi ini yang Anda alami, maka sebaiknya Anda dan pasangan memberikan banyak waktu untuk pemanasan/ foreplay sebelum melakukan hubungan seksual.

Bila keluhan masih terus berlanjut, kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis obstetri dan ginekologi untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih menyeluruh,

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar