Sukses

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Solusi Hepatitis

17 Sep 2015, 08:32 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok apakah dengan olahraga itu meningkatkan daya tahan tubuh?dan benarkah jika daya tahan tubuh yang bagus dapat menghilangkan virus hepatitis B?obat herbal yang bagus untuk menghilangkan hepatitis itu apa? Thanks dokter

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Olahraga dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tidak mudah sakit. Untuk itu kami akan jelaskan sedikit mengenai sistem imun.

Sistem imun adalah sekelompok jaringan dan sel yang memiliki fungsi primer untuk melindungi tubuh dari serangan benda asing, misalnya bakteri dan virus. Sistem ini membuat tubh melakukan reaksi perlawanan terhadap bakteri dan virus yang masuk kedalam tubuh dan menimbulkan infeksi. Komponen-komponen yang berbeda dalam sistem imun mengadakan interaksi melalui kontak antar sek dan melepaskan faktor yang mengatur aktivitas mereka, diawali dengan mendeteksi adanya benda asing.

Kerja sistem imun tidak hanya terbatas pada benda asing tetapi juga terjadap kelainan yang terjadi di dalam tubuh, misalnya sel-sel kanker. Sistem imun tidak hanya mampu menyingkirkan bakteri dan virus, namun juga memiliki fungsi memori yang memungkinkan tubuh untuk tidak terkena infeksi serupa kembali.

Pada individu  yang mengalami gangguan pada sistem imun, sebaiknya;

  • Menjalani  diet seimbang, yaitu mencakup karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Upaya mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak juga bermanfaat dalam meningkatkan daya gahan tubuh. Diet rendah lemak dapat meningkatkan aktivitas sel pembunuh alamiah dalam tubh, sebaliknya diet tinggi lemak akan mengurangi aktivitasnya.
  • Cukup tidur dan istirahat. Kurang tidur/istirahat diketahui menurunkan aktivitas sel pembunuh alami tubuh, sehingga membuat individu lebih mudah terserang infeksi bakteri dan virus.
  • Belajar mengendalikan stress.
  • Olahraga dengan intensitas sedang dapat membantu memperbaiki fungsi imun dan suasana hati. Juga membantu mencegah migren, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan kebugaran tubuh pada usia lanjut.

Pada pasien dengan penyakit tertentu, misalnya hepatitis, pemberian suplemen, olahraga, dan cukup istirahat memang penting, tetapi seringkali tidak cukup kuat untuk menangkal infeksi virus. Untuk kasus-kasus tertentu seperti ini, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter secara langsung untuk terlebih dahulu mendapatkan pengobatan yang ditujukan untuk mengatasi infeksi virus hepatitis.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

1 Komentar

  • ben******riyanto

    betul konsul langsung ke dokter..akan tetapi setiap kali ketemu dokter tidak pernah ada solosi krn tanggapan dokter penyakit hepatotis kamu sudah bertahun" ini tidak pernah ada gejala dan aman aja itu gak masalah.sedang kan hasil tes darah sdh hepatitis b reaktif dan daya tahan tubuh non reaktif..