Sukses

Kehamilan Pada Pasien Hemodialisa

09 Jun 2015, 16:29 WIB
Wanita, 35 tahun.

Dok,saya telah menjalani hemodialisa 7thn. hd saya seminggu 2x. skr saya ada plan menikah. apa saya bisa hamil? sedangkan hb saya selalu rendah. kadang cm 6. biasanya haid saya teratur tiao bln. sekian. terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Hemodialisa merupakan terapi yang diperuntukkan bagi penderita gangguan ginjal terminal dimana obat-obatan tidak lagi efektif untuk meningkatkan fungsi ginjal.

Sedangkan kehamilan pada penderita gagal ginjal merupakan kehamilan yang beresiko tinggi, karena kehamilan itu sendiri (tanpa riwayat gangguan ginjal) dapat menyebabkan kelainan pada ginjal seperti infeksi saluran kemih, hipertensi dan lainnya. Oleh karena itu pada umumnya kehamilan merupakan kontraindikasi pada pasien dengan gangguan ginjal yang membutuhkan hemodialisa.

Selain itu, Penyakit ginjal yang membutuhkan dialisis biasanya menurunkan kesuburan. Kehamilan bisa terjadi pada 1 % pasien terutama ditahun-tahun awal dialisis. Penyebab infertilitasnya tidak diketahui pasti, diduga karena berbagai faktor (multifaktorial). 42% wanita yang menjalani dialisis haidnya masih tetap normal, tetapi tidak berovulasi (anovulatoir). .

Penderita gagal ginjal yang hamil akan membutuhkan perhatian khusus terhadap efek dari gagal ginjal terhadap kehamilan dan efek kehamilan pada fungsi ginjal itu sendiri.

Janin pada wanita hamil yang sehat memiliki angka bertahan hidup yang besar, yaitu 95%. Sedangkan pada wanita hamil yang menjalani hemodialisa dapat turun hingga 52%. Selain itu akibat gangguan fungsi ginjal itu sendiri, pada janin dapat terjadi komplikasi seperti BBLR, Persalinan kurang bulan hingga kematian janin.

Oleh karena itu sebaiknya anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter anda mengenai rencana kehamilan tersebut apakah kondisi anda saat ini memungkinkan untuk terjadinya kehamilan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar