Sukses

Hamil Pasca Kuretase

03 Feb 2015, 05:43 WIB
Wanita, 42 tahun.

Tgl 14 januari saya mengalami keguguran yg dikuret dan mengalami pendarahan sampai sekitar 8 hari, pada tanggal 27 januari saya melakukan hubungan intim dg suami dan tidak menggunakan alat kontrasepsi, apakah pada tgl itu saya sudah subur dan bisa hamil ? Terima kasih

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pasca tindakan kuret, sudahkah Anda melakukan kontrol ke Dokter Kebidanan dan Kandungan Anda? 
Mengenai rencana untuk kembali hamil. Bila Anda sudah mendapat haid lagi berarti fungsi organ reproduksi sudah kembali normal. Anda disarankan menunggu hingga lewat 3 siklus menstruasi atau sekitar 3 bulan setelah kuretase sebelum memulai program hamil lagi, untuk menunggu penyembuhan rahim seperti semula, serta supaya Anda siap secara fisik dan emosi untuk hamil lagi.

Terdapat kemungkinan terjadinya kehamilan jika anda berhubungan tidak menggunakan alat kontrasepsi dan terjadi disaat masa subur. Saran kami, sebaiknya Anda mencegah kehamilan selama 3 bulan pasca tindakan kuret dengan cara menggunakan kontrasepsi atau puasa berhubungan intim saat masa subur, guna penyembuhan rahim menjadi seperti semula.
Adapun untuk mempersiapkan kehamilan pasca keguguran, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan seperti:

·Ketahui masa subur Anda

·Ubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. 

·Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Anda ingin hamil.

·Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami).

·Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas.

·Konsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari seperti yang sudah Anda lakukan sebelumnya agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.

·Lakukan hubungan intim 3-4 kali per minggu

Pada dasarnya tidak ada makanan khusus yang diperlukan untuk memulihkan dinding rahim, namun makanan tinggi protein dianjurkan untuk kondisi pasca tindakan operasi dalam hal ini kuretase.

 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar