Sukses

Penyebab Mudah Lelah

17 Sep 2015, 08:46 WIB
Wanita, 51 tahun.

Malam dok, sudah berkali2 kedokter penyakit mama saya tetap aja masih sama, mama saya sering bangat tiba2 merasa cape dan lelah, hbs itu sering buang air kcl byk, dan jantung berdebar kencang. tiap kali cek kedokter darahnya 160, hbs mnm obat dokter smbuh bbrapa hari, tidak lama kemudian rasa cape itu datang lagi, penyakit mama aku sudah lbh dri 1 tahun, tpi ttp aja masih sama , tolong dok solusinya,terimah kasih dok sebelumnya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter 

Kami memhami kekhwatiran Anda. Perasaan mudah lelah dapat disebabkan oleh asupan makanan yang kurang, aktivitas berlebihan, olahraga yang kurang, kurang istirahat, kondisi infeksi, anemia, gangguan hormon, tekanan darah rendah. Perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu baru dapat mengetahui apa yang harus dilakukan. 

Apakah sebelumnya ibu Anda pernah melalukan general check up? Jika penyebab kelelahan yang Ibu anda alami belum diketahui arah diagnosisnya, tidak ada salahnya jika ibu Anda melakukan general check up.

Pemeriksaan general checkup sangat lah penting, teruatama saat Anda menginjak usia tua (diatas 50 tahun) atau saat Anda berencana menikah. Namun dalam usia apapun atau dalam kondisi apapun, Anda bisa melakukan general check up. 

Beberapa pemeriksaan darah yang dapat anda lakukan adalah pemeriksaan darah lengkap, lipid profile (kolestrol total, LDL, HDL, trigliseride), fungsi pencernaan (fungsi dari hati (SGOT,SGPT, albumun,globulin) kandung empedu (GGT) pankreas (amilase, lipase)), fungsi ginjal (ureum, kreatinin), Gula (gula darah sewaktu, gula darah puasa, HbA1c), hepatitis (Hbs Ag dan HCV), kalau Anda mau dapat lakukan pemeriksaan HIV. Anda juga dapat lakukan pemeriksaan urin lengkap dan feses lengkap. 

Selain itu, dilakukan juga pemeriksaan EKG, foto rontgen paru dan USG abdomen. Anda juga dapat lakukan pemeriksaan mata, telinga dan gigi. 

Untuk saat ini ibu Anda dapat mencoba mengurangi aktivitas agar tidak berlebihan, istirahat yang cukup, makan teratur dengan menu gizi seimbang, banyak minum air putih, dan berolahraga teratur (minimal 3x per minggu). Bila setelah mencoba tips-tips tersebut tetapi keluhan ibu Anda dirasa menetap maka tidak ada salahnya anda berkonsultasi kembali ke dokter.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar