Sukses

TBC dan Perokok Pasif

17 Sep 2015, 10:45 WIB
Pria, 23 tahun.

selamat malem dok, saya nurokhman, dari pekalongan, saya sedang menjalani pengobatan TBC paru, baru 1 bulan. yg mau saya tanyakan, saya bekerja sebagai operator warnet, jadi setiap hari harus membaur dengan para perokok, apakah ada dampaknya jika selama pengobatan harus berbaur dengan para perokok, apa setiap kerja saya harus memakai masker, untuk menghalangi asap rokok.?? terimakasih banayak dok..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Memang belum ditemukan jawaban pasti kaitan antara penyakit TBC dan Merokok (aktif maupun pasif) dari penelitian medis. Namun dicurigai kebiasaan merokok, berkaitan dengan angka kematian yang tinggi pada penderita TBC. Kebiasaan merokok meningkatkan mortalitas akibat TBC sebesar 2,8 kali.

Racun yang terkandung dalam rokok dapat membuat kerusakan pada mekanisme pertahan paru dan jaringan paru itu sendiri. Sebagai akibatnya, ketika paru terpapar benda asing, termasuk kuman penyakit, membuat paru lebih rentan untuk terserang dan tidak mampu melawan penyakit.

Sedangkan bila penyakit TBC sudah terlebih dahulu menyerang, adanya asap rokok yang masuk kedalam paru, menjadikan proses perbaikan jaringan terganggu hingga terhambat sehingga angka kesembuhan menjadi lebih rendah.

Masker merupakan Alat pelindung diri untuk mencegah penularan penyakit. Namun, masker biasa tidak berdampak banyak pada penderita TBC. Sebaiknya masker yang Anda gunakan adalah masker khusus penderita TBC, yaitu masker N95. Dan akan lebih baik jika Anda dapat menghindari paparan dengan asap rokok untuk mencegah masuknya asap rokok kedalam paru Anda dengan segala efek negatif yang dapat terjadi.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar