Sukses

Hidrosefalus Pada Penderita Stroke

17 Sep 2015, 11:24 WIB
Pria, 35 tahun.

Mohon penjelasannya Dokter... Bagaimana cara penangan yg terbaik bagi penderita Komplikasi Stroke dan Hidrosefalus ? Ayah saya berumur 63 tahun yg telah mengalami sakit pasca stroke dari Juni 2004... Dan kemarin beliau di vonis menderita Hydrosefalus berdasarkan hasil CT scan yg dilakukan RS... Mohon pencerahan bagi keluarga kami Dok... Sekian dan Terimakasih...

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Hidrosefalus merupakan kondisi dimana terjadi penumpukkan cairan otak didalam rongga kepala. Umumnya hidrosefalus dapat terjadi akibat peningkatan produksi cairan atau hambatan dalam pembuangannya.

Pada penyakit stroke umumnya yang terjadi adalah hidrosefalus obstruktif, yaitu akibat sumbatan pada ventrikel otak (tempat pengaliran cairan otak) oleh darah yang keluar akibat pecahnya pembuluh darah otak. Apabila tidak segera ditangani, penumpukkan cairan tersebut dapat menyebabkan desakan pada organ didalam rongga kepala (otak, dan komponen lainnya), sehingga bisa mengancam nyawa.

Penanganan hidrosefalus adalah dengan membuang kelebihan cairan serebrospinal di dalam otak dengan jalan operasi. Operasi yang umumnya dilakukan adalah pemasangan Shunt / selang yang dipasangkan oleh ahli bedah saraf ke dalam kepala dengan tujuan mengalirkan cairan otak ke bagian tubuh lain untuk selanjutnya diserap oleh pembuluh darah. Bagian tubuh yang umumnya dipilih sebagai rute aliran cairan serebrospinal adalah rongga perut.

Saat ini kami menganjurkan agar Anda berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter saraf yang menangani ayah Anda sebelumnya mengenai penanganan apa yang tepat diberikan sesuai kondisi ayah Anda saat ini.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar