Sukses

Jantung Berdebar & Keringat Berlebih

05 Feb 2015, 13:03 WIB
Pria, 21 tahun.

Selamat Sore Dok, Nama saya Aan Usia 21th. Saya penasaran dok dengan yg selama ini saya rasakan, mulai dari tangan dan kaki selalu basah, badan selalu merasa panas atau gerah, dada tiba2 nyeri, cepat lelah, trs bangun tidur terkadang jantung berdenyut kencang dan tidak beratur, cepat kaget. Dari yang saya rasakan itu apakah ada penyakit dalam yang serius atau tidak dok ? Terima kasih

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Telapak tangan dan telapak kaki yang basah dan selalu berkeringat dapat merupakan suatu keadaan yang disebut hiperhidrosis. Hiperhidrosis merupakan suatu keadaan ketika kelenjar keringat memproduksi keringat berlebih yang seringkali dipicu oleh emosi atau oleh suhu. Seringkali terjadi pada telapak tangan, telapak kaki dan ketiak. Kondisi ini biasanya diturunkan dalam keluarga. Penyebab lain adalah masalah saraf, hormonal dan psikis. Mengenai masalah hormon yang paling sering terjadi adalah gangguan fungsi kelenjar tiroid misalnya pada hipertiroid. Sedangkan pada masalah saraf, dapat terjadi stimulus dari saraf simpatis. Mengenai psikis terjadi karena faktor psikologis (stress).

Sedangkan keluhan dada rasa berdebar-debar dapat merupakan gejala dari:

  • penyakit jantung: aritmia (denyut jantung tidak teratur)
  • bukan penyakit jantung/non cardiac: gondok atau hipertiroid, anemia, rasa cemas

Terkait keluhan Anda yang juga memilki riwayat keringat berlebihan disertai dada berdebar, cepat lelah kemungkinan keluhan yang Anda rasakan adalah gangguan hipertiroid, namun untuk dapat menentukan diagnosa dari keluhan Anda. Kami sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi ke Dokter Penyakit Dalam untuk pemeriksan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan hormon tiroid T3, T4 dan TSH untuk menegakkan diagnosis. 

Anda dapat membaca artikel berikut ini untuk menambah wawasan Anda:

Hiperhidrosis

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar