Sukses

Keringat Berlebih Saat Cemas

04 Feb 2015, 17:10 WIB
Wanita, 19 tahun.

Tangan dan kaki saya sering berkeringat terlebih jika sedang cemas. Saya harus ke dokter specialis apa?

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Keluhan-keluhan seperti yang Anda utarakan dapat merupakan manifestasi dari gangguan cemas, namun dapat pula terjadi akibat gangguan lain seperti hipertiroid, gangguan jantung dan lain sebagainya.

Kami menduga, gejala yang Anda keluhkan merupakan tanda dari gangguan cemas. Apabila kita cemas atau gugup maka sistim saraf simpatis kita bekerja. Sistim saraf simpatis meningkatkan respons-respons yang mempersiapkan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik yang berat dalam menghadapi situasi penuh stress.  Respons semacam ini biasanya disebut sebagai fight or flight response, karena sistim simpatis mempersiapkan tubuh untuk melawan atau melarikan diri dari ancaman. Dengan bekerjanya saraf simpatis kita, jantung berdenyut lebih cepat dan kuat, tekanan darah meningkat, saluran pernafasan terbuka, berkeringat, dan pembuluh-pembuluh darah yang mendarahi otot-otot rangka berdilatasi.Semua respons ini ditujukan untuk meningkatkan aliran darah yang kaya oksigen dan nutrisi ke otot-otot rangka sebagai antisipasi terhadap aktivitas fisik yang berat. Ketika sistim saraf simpatis kita bekerja, maka seluruh tubuh akan berada dalam keadaan siaga.

Penatalaksanaan gangguan cemas dapat dilakukan dengan medikamentosa (obat-obatan) dan non-medikamentosa (tanpa obat). Penggunaan obat-obatan untuk mengatasi masalah ini sebaiknya tidak digunakan di luar pantauan dokter untuk menghindari efek obat yang tidak diinginkan.

Saat ini kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis psikiatri untuk memastikan penyebab keluhan dan terapi lebih lanjut. Dokter akan membantu Anda dengan mendengarkan keluhan Anda dan membantu Anda mencari penyelesaian yang tepat untuk kekhawatiran Anda. Anda juga dapat mencoba mengatasi gangguan cemas tanpa obat-obatan. Disamping akan meringankan biaya pengobatan, hal ini juga akan memberikan dampak yang lebih sehat bagi tubuh Anda. Mungkin Anda dapat mencoba beberapa tips berikut untuk mengatasi gangguan cemas yang mungkin Anda alami, seperti :

  • Cobalah untuk menarik napas dalam dan perlahan-lahan saat serangan
  • Ingatkan diri Anda bahwa Anda tidak sedang dalam keadaan bahaya
  • Cobalah untuk membiasakan diri menghadapi hal-hal yang menjadi sumber ketakutan Anda, hingga Anda dapat mengontrol perasaan takut tersebut
  • Carilah hobi yang mampu membuat Anda melupakan kecemasan

Bila setelah berkonsultasi dengan dokter spesialis psikiatri tidak didapatkan kelainan, maka kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi lebih lanjut guna mencari penyebab dan tatalaksana yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar