Sukses

Mengalami Proteinuria

01 Oct 2015, 22:56 WIB
Pria, 37 tahun.

Dok saya mau tanya, saya mempunyai ganguan ginjal (proteinuria) saat ini saya dalam pengobatan dengan catopril, apakah obat ini sudah benar?, mengingat semenjak minum obat ini kadungan protein di dalam air seni saya bertambah.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sebelumnya perlu kami tanyakan, atas indikasi apa anda mengkonsumsi captopril? darimana anda mendapatkannya? apakah anda sedang dalam pengawasan / terapi oleh dokter?

Selain itu, terlebih dahulu perlu diketahui penyebab proteinuria Anda. Proteinuria adalah adanya protein dalam air kencing yang normalnya tidak ada. Ini menandakan ada gangguan pada ginjal Anda yang seharusnya tidak meloloskan protein dalam proses penyaringan di ginjal.

Untuk itu terlebih dahulu perlu diketahui dulu hasil pemeriksaan fungsi ginjal dan apkah ada infeksi pada saluran kencing. Perlu juga dicari adakah tekanan darah tinggi, bagaimana dengan kadar gula darah, dan kondisi kesehatan saat ini. Setelah diketahui penyebabnya maka dapat ditentukan penanganannya. Bagaimana dengan pemeriksaan ureum/kreatinin Anda (menggambarkan fungsi ginjal)? 

Perlu Anda ketahui bahwa proteinuria bukan merupakan penyakit melainkan gejala dari penyakit yang mendasarinya. Sehingga keluhan yang anda sebutkan bisa saja berhubungan dengan kondisi proteinuria namun bisa juga tidak.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar