Sukses

Bintik Merah Dikulit Yang Menyebar Bila Di Garuk

01 Oct 2015, 14:41 WIB
Wanita, 23 tahun.

dokter, saya mempunyai keluhan seputar kulit. pertama muncul bintik merah yg sangat gatal dipaha kanan saya dok. lalu bekas iak bintik tersebut menghitam. selanjutnya muncul lagi di dada atas sebelah kiri bersebelahan dengan ketiak dok. saya menyadari jika bintik tersebut digaruk akan merebet pada area sekitar bintik tersebut dan bentuknya akan melebar. tetapi bintik tersebut tidak terdapat air atau seperti melepuh dok. hanya merah dan agak sedikit melebar. saya bingung dok, itu disebabkan alergi atau ada masalahkah dengan kulit saya? mucul pertama dipaha pada akhir desmber. dan didada atas pertengahan januari, mohon penjelasanya dokter.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com.

Kelainan kulit akan lebih baik jika didiagnosis melalui pemeriksaan langsung karena sulit bagi kami untuk menentukan diagnosis dengan informasi yang terbatas. Misal, diperlukan informasi seperti lokasi tepat, jenis lesi kulit, luasnya dan bentuknya, dll.

Bercak-bercak merah memang dapat merupakan kelainan kulit yang dapat terjadi karena alergi atau karena infeksi (misal: virus). Jika memang karena alergi atau karena kondisi tubuh tertentu, memang tidak dapat hilang sepenuhnya karena mekanisme alergi memang akan selalu muncul selama hal-hal yang menyebabkan alergi tersebut mengenai orang bersangkutan. Yang perlu Anda ketahui adalah penyebab munculnya keluhan ini, kapan saja muncul, sehingga dapat dihindari dan dicegah. Apakah karena obat atau hal-hal atau benda-benda tertentu yang Anda pakai ketika kondisi tubuh Anda sedang tidak fit.

Kelainan kulit akan lebih baik jika didiagnosis melalui pemeriksaan langsung karena sulit bagi kami untuk menentukan diagnosis dengan informasi yang terbatas. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin saat keluhan bercak merah terjadi agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik langsung saat terjadi gejala. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan penanganan yang optimal, sesuai dengan diagnosis kondisi kesehatan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar