Sukses

Penyakit Menular Melalui Ciuman

02 Feb 2015, 21:36 WIB
Pria, 29 tahun.

Yang ingin saya tanyakan adalah apakah setiap penggunaan terompet, Peluit atau benda-benda yang harus menggunakan mulut secara bersama-sama dan bergantian dapat menimbulkan dan menularkan penyakit? dan apakah ciuman bibir juga dapat menimbulkan dan menularkan penyakit? melalui air ludah mungkin atau lain sebagainya?? jika benar penyakit apa saja mulai hal yang umum hingga paling kronis, serta mohon cara penanggulangannya. terima kasih dokter!!

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Ciuman dapat menularkan berbagai penyakit dari rongga mulut, Salah satunya adalah herpes simpleks. Apakah Anda pernah mendengar penyakit Herpes simpleks ? Penyakit herpes simpleks adalah salah satu penyakit menular seksual yang umum ditemui saat ini. Ternyata terdapat berbagai metode penularan herpes simpleks. Bahkan sekedar ciuman dapat menularkan virus herpes simpleks ini. Nah, penasaran bagaimana virus ini bisa tertular melalui ciuman? Yuk kita pelajari lebih dalam tentang virus ini.

Apa itu penyakit herpes?

Penyakit herpes yang umumnya dikenal dapat dibagi menjadi dua jenis penyakit. Penyakit herpes dapat dibagi menjadi herpes zooster (yang lebih dikenal dengan cacar air) dan herpes simpleks. Kedua penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, namun dengan jenis virus yang berbeda. Herpes zooster disebabkan oleh virus varicela zoster, sedangkan herpes simpleks disebabkan oleh Herpes Simplex Virus . Banyak yang memiliki pemahaman yang salah tentang kedua jenis virus ini. Penyakit yang menjadi pembahasan artikel ini adalah herpes simplex virus, yang merupakan penyakit yang dapat ditularkan seacra seksual.

Apa gejala yang dialami pasien dengan herpes simpleks?


Herpes Simplex Virus  dapat menyebabkan gejala pada bagian kepala sampai bagian genital tubuh. Herpes simpleks terdiri dari dua tipe yaitu herpes simplex tipe 1 dan tipe 2.  Gejala yang ditimbulkan tergantung dari jenis virus PEnyebabnya. Herpes simplex tipe 1 yang dikaitkan dengan infeksi di daerah bibir dan rongga mulut, sedangkan herpes simplex tipe 2 menyebabkan gejala di daerah genital (alat kelamin). Gejala yang dialami adalah adanya keluhan lesi kulit semacam jerawat yang nyeri, dan terdapat juga gelembung berisi cairan. Begitu seseorang terinfeksi HSV baik tipe 1 maupun tipe 2, virus ini akan terus berada di dalam tubuh dan dapat timbul sewaktu-waktu.

Ciuman dan Herpes Simpleks

Ciuman merupakan salah satu bentuk ungkapan kasih sayang. Namun, jika seorang yang memberikan ciuman terinfeksi virus herpes simplex dan memberikan ciuman pada pasangannya, maka pasangannya juga dapat tertular virus ini. Hal ini khususnya terjadi pada virus herpes yang menyerang daerah mulut. Kadang manifestasi virus herpes simplex tidak jelas terlihat dan menyebabkan penularan lebih mudah terjadi, karena tidak dijumpai adanya lesi aktif. Karena itu, pola hidup yang sehat dengan menghindari perilaku berisiko merupakan cara yang paling baik untuk mencegah infeksi herpes simplex. Konseling pra nikah, untuk mendeteksi adanya infeksi tertentu, juga disarankan bagi setiap pasangan yang ingin menikah. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengobatan (jika ditemukan infeksi), dan mencegah penyakit yang dapat ditularkan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan.

Salam

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar