Sukses

Bintitan Berulang

02 Feb 2015, 21:41 WIB
Wanita, 39 tahun.

Dokter, saya mau menanyakan mengapa saya mengalami bintitan pada kelopak mata berulang (hordeoleum eksternal) di kelopak mata. Saya sudah menjalani insisi satu kali, tapi bintitan itu muncul lagi setelah satu bulan. Dan belum bisa hilang sampai sekarang. Apa kira-kira penyebabnya? Dan bagaimana menanganinya? Saya sudah menggunakan salep terramycin dan cendo xitrol. Mohon petunjuknya. Terima kasih.

 

bu/Saudari yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Penyebab tersering terjadinya keluhan pada kelopak mata atas adalah hordeolum, atau dikenal juga dengan istilah bintitan. Hordeolum terjadi akibat adanya infeksi bakteri yang menyerang kelenjar minyak di kelopak mata. Biasanya hordeolum ini berisi nanah. Bila bertambah besar, akan menyebabkan menjadi sulit untuk melihat jelas, karena tidak dapat membuka mata secara optimal. 

 

Hordeolum biasanya akan sembuh sendiri secara spontan. Untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda dapat memberikan kompres hangat pada mata sebanyak 3-4x/hari, selama kurang lebih 10-15 menit. Lakukanlah kompres secara teratur. Jika tidak terlihat adanya perbaikan dalam 48 jam setelah dikompres, kunjungilah dokter mata untuk diberikan terapi tambahan atau untuk dilakukan insisi (pengeluaran nanah yang terdapat di dalam kelenjar). Namun, jika sudah terlihat adanya tanda-tanda perbaikan hanya dengan pemberian kompres hangat, Anda dapat melanjutkan terapi tersebut hingga bintitan tersebut sembuh. Untuk mencegah kekambuhan maka menjaga kebersihan mata akan sangat membantu.

 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar