Sukses

Makanan Anak Usia 16 Bulan

04 Feb 2015, 20:39 WIB
Wanita, 32 tahun.

Usia anak sy 16 bulan, minum susu formula sebanyak 3 sampai 4 kali minum (550 sampai 600 ml), makan bubur outmel, makan buah tp dijus, makan siang pake umbi-umbian dicampur sayur dan lauk, dan sore makan nasi sama sayur dan lauk dan makan cemilan setelah bangun tidur siang, apakah sudah memenuhi syarat? Anak sy juga suka meniru seperti ikut sholat, ikut wudhu, terus suka bantu mengambilkan pakaian yg mau dijemur n baju yg udh disetrika bahkan bantu melalap sayuran dan jika tidak dituruti pasti nangis apakah itu wajar ya?

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. berapakah berat badan anak Anda? Berat badan rata-rata anak laki pada usia 16 bulan adalah 10.5kg (9.4-11,8kg) dan tinggi badan 80.2cm (77.5-82.9cm)  menurut WHO.

Usia anak yang sudah 16 bulan sebenarnya membutuhkan asupan nutrisi lebih utama dari makanan,bukan dari susu formula lagi.Bisa saja anak anda menolak untuk makan karena sudah kenyang terlebih dahulu akibat konsumsi susu formula yang banyak atau pemberian susu formula sebelum makan.

Berikut ini kami sertakan tips yang dapat membantu anak untuk menyenangi makanan dan makan dengan lebih mudah:

  1. Mengurangi cemilan yang membuat anak kenyang

  2. Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak

  3. Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda.

  4. Sajikan makanan yang cukup bervariasi kepada anak sehingga anak tidak bosan.

  5. Tambahkan susu secukupnya. Jangan berikan susu pada anak dalam jumlah berlebihan. Jumlah susu yang berlebihan akan menyebabkan anak kekenyangan sehingga anak tidak mau makan lagi. Cukup 2-3 gelas susu sehari.

  6. Berikan jadwal makan teratur dalam jumlah yang kecil, jangan paksa anak menghabiskan makanannya

  7. Hindari menunjukkan wajah khawatir atau marah ketika anak tidak mau makan. Perhatian terhadap kelakuan anak yang kurang baik justru dapat membuat anak terus melakukannya lagi

  8. Bila anak mau makan atau mau menghabiskan makanannya maka berilah pujian

  9. Jangan biarkan anak minum dalam jumlah banyak sesaat sebelum makan. Minum dapat membuat kenyang dan membuat anak tidak mau makan.

Pertambahan berat badan dapat terjadi apabila masukan atau input lebih besar dari keluaran atau output. Apabila anak Anda sangat aktif beraktifitas namun makannya kurang atau tidak adekuat, tentu saja kalori dari makanan akan terbakar seluruhnya untuk aktifitas sehingga berat badan anak Anda tidak akan bertambah.Pertumbuhan sangat dipengaruhi dengan faktor genetik dan lingkungan (nutrisi, hormonal, dan psikologis). Untuk melengkapi kebutuhan anak Anda akan gizi yang cukup dan sesuai dengan usianya, Anda dapat berkunjung ke halaman website kami di: 'Jadwal Makan Bayi' dan Rubrik Tumbuh Kembang Anak

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar