Sukses

Hidung Mengeluarkan Cairan Hijau

04 Feb 2015, 20:28 WIB
Wanita, 16 tahun.

maaf dok mengganggu,setiap hari saya sering mengeluarkan cairan dari dalam hidung yang berwarna hijau pekat yang membuat saya harus menyiapkan beberapa tisu di kantong saku saya,dan sering kali saya bersin bersin saat cuaca dingin maupun debu yang terbang ke arah saya,saya sering mencari cari gejala saya ternyata masuk ke dalam penyakit sinusitis,apa itu benar?dan apa itu berbahaya jika tidak segera di obati?,dan bagaimana cara menyembuhkannya? terimakasih

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Bersin dapat dicetuskan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah udara dingin dan debu. Udara dingin dan debu merangsang persarafan di daerah hidung sehingga memicu bersin, dan memang dapat sampai terjadi berkali-kali/berulang-ulang berturutan saat bersin. Namun jika ingus sudah berwarna kehijauan mungkin ada penyakit lain yang mendasari, contohnya adalah infeksi saluran pernafasan. 

Bersin-bersin karena alergi dalam dunia medis disebut dengan rhinitis alergi. Penderita rhinitis alergi bersin bila terkena cuaca dingin, terkena debu, atau terkena aroma-aroma tertentu. Sekali episode bersin bisa berkali-kali hingga >5x, disertai dengan keluhan gatal, dan keluar ingus yang bening dan encer.  Jika rangsangan reaksi alergi tidak terlalu kuat maka tidak sampai menimbulkan refleks bersin dan yang dirasakan hanya hidung gatal atau seperti mau bersin, tapi belum bersin.

Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan menghindari hal-hal yang dapat membuat bersin yaitu udara dingin dan debu. Pencegahan yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghindari udara dingin (kenakanlah pakaian yang tebal atau jaket pada saat cuaca dingin, menghindari mandi dengan iar yang terlalu dingin atau mandi pada saat cuaca dingin), menghindari debu (rajin membersihkan kamar, ganti sprei 1x seminggu, mengganti kasur kapuk menjadi busa, menghindari boneka) dan menghindari binatang peliharaan. Untuk memastikan diagnosis periksakan diri Anda ke dokter THT.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Redaksi Klikdokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar