Sukses

Cedera Kepala Anak

04 Feb 2015, 21:29 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dear dokter, anak saya usia 2 tahun jatuh dari tangga lt.2 dengan ketinggian tangga 2 meter. Anak saya langsung menangis dan tidak lama kemudian ia muntah sedikit (anak saya memang kebiasaan kalau menangis pasti ia batuk lalu muntah). Setelah saya periksa ternyata ada benjolan di kepala belakangnya. Besok pagi ia muntah saat saya memberikan sarapan. Setelah itu ia tidak muntah lagi dan ia tetap aktif serta riang seperi biasa. Saya membawanya ke dokter anak, saya diresepkan obat kalnex, piracetam dan thrombophob. Dokter juga menyuruh saya untuk melakukan ct scan dengan kontras di rumah sakit yang ditunjuk oleh dokter. Setelah saya sampai dirumah sakit, saya diberitahu oleh petugas disana bahwa sebaiknya anak saya ct scan biasa saja, tidak perlu sampai kontras karena takut efek obat kontrasnya. Jujur saya bingung dokter. Apalagi ternyata ct scan itu harus kondisi anak saya diam dan tidur sedangkan anak saya saat itu susah untuk ditidurkan. Akhirnya dokter memberikan obat stesolid rectal. Ternyata setelah diberikan obat itu anak saya tidak juga tidur, tubuh anak saya lunglai..saya pikir pasti efek dari obat stesolid itu ya dok. Anak saya juga jadi rewel dan menangis terus. Akhirnya dokter menyarankan untuk di anastesi. Tapi harus menunggu dokter anastesinya datang. Akhirnya saya memutuskan untuk membawa anak saya pulang. Saya bingung dokter.. apakah saya harus tetap membawa anak saya untuk ct scan? Apalagi setelah saya googling efek dari radiasi ct scan tidak baik untuk anak-anak. Kondisi fisik anak saya sampai saat ini masih tetap aktif seperti biasa. Saya tetap mengoleskan thrombophob di kepalanya yang benjol dan obat minun dari dokter anak. Tolong info nya ya dokter.. saya bingung dok..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bagaimana posisi jatuh anak Anda? Apakah ada keluhan yang terjadi setelah anak terjatuh dengan kepala? Apakah terdapat demam pada anak Anda? Selain mual/muntah, adakah keluhan kejang?

Tulang tengkorak anak anak masih belum sekuat orang dewasa, untuk itu memang sebaiknya Anda membawa anak Anda ke dokter untuk pemeriksaan lengkap. Hal ini memerlukan pemeriksaan lebih teliti. Efek dari jatuhnya anak Anda dapat diketahui dengan lengkap setelah anak Anda menjalani pemeriksaan yang diperlukan. Pemeriksaan CT scan merupakan pemeriksaan untuk memastikan adanya keretakan pada tulang tengkorak. Untuk memastikan adanya keretakan tulang, kami menghimbau agar Anda berkonsultasi dengan dokter neurologi untuk pemeriksaan menyeluruh pada anak Anda. Apabila anak Anda terus muntah walaupun tidak ada pencetus, maka dikhawatirkan ada gangguan pada sistem persarafan pusat yang memerlukan perhatian khusus.

Pemeriksaan CT scan memerlukan ketenangan pasien dan kadang mengharuskan anak dibius. Dalam pembiusan, dokter anastesi akan menilai keamanan anestesi terlebih dahulu. Namun tidak ada yang dapat menggantikan pemeriksaan langsung pada anak Anda. Jadi pemeriksaan fisik langsung untuk menentukan keadaan cedera kepala anak Anda sangatlah diperlukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar