Sukses

Infeksi Toksoplasma Pada Pria

29 Jun 2015, 04:47 WIB
Pria, 23 tahun.

Selamat sore, Saya memelihara kucing selama satu tahun lebih, dan saya memelihara di dalam kamar saya. Apakah penyakit toxo dapat menyerang lelaki? Dan apa gejalanya? Saya berusaha untuk menjaga kebersihan tangan dan barang yang ada di kamar saya dengan mencuci tangan sebelum makan dan membersihkan barang dengan tisu basah.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Pria Bisa Mengidap infeksi Toksoplasma (Toksoplasmosis). Infeksi Toksoplasma disebabkan oleh parasit yang disebut Toxoplasma gondii. Parasit ini biasanya menggunakan hewan kucing sebagai inang utamanya (hospes definitif) di samping hewan-hewan lain jenis mamalia dan burung  yang mungkin terinfeksi.

Toksoplasma memiliki beberapa cara untuk masuk ke dalam tubuh Anda, yaitu :

  • Secara tidak sengaja menelan tinja kucing yang mengandung telur toxoplasma. Umumnya cara ini tidak disadari, misalnya makan dengan tangan yang telah terkontaminasi sehabis berkebun, membersihkan tempat makan kucing atau barang-barang lain yang sudah terkontaminasi
  • Mengonsumsi daging hewan yang terlah terkontaminasi dan tidak dimasak secara matang
  • Mengonsumsi air yang telah terkontaminasi

Untuk menghindari faktor risiko tertular toksoplasma, yang dapat anda lakukan adalah :

  • Hindari konsumsi daging mentah atau setengah matang
  • Cuci buah dan sayuran sebelum dikonsumsi
  • Hindari kontak tangan dengan tanah atau gunakan sarung tangan karet bila akan berkebun
  • Cuci tangan segera setelah berkebun atau berkontak dengan tanah
  • Jika Anda memelihara kucing, jaga kebersihannya, jangan biarkan kucing anda berkeliaran di luar rumah

Pada umumnya, infeksi Toxoplasma terjadi tanpa disertai gejala yang spesifik. Kira-kira hanya 10-20% kasus infeksi Toxoplasma yang disertai gejala ringan, mirip gejala influenza, bisa timbul rasa lelah, malaise, demam, dan umumnya tidak menimbulkan masalah.

Diagnosis Toxoplasmosis secara klinis sukar ditentukan karena gejala-gejalanya tidak spesifik atau bahkan tidak menunjukkan gejala (sub klinik). Oleh karena itu, pemeriksaan laboratorium mutlak diperlukan untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Pemeriksaan yang lazim dilakukan adalah Anti-Toxoplasma IgG, IgM dan IgA, serta Aviditas Anti-Toxoplasma IgG. Pemeriksaan tersebut perlu dilakukan pada orang yang diduga terinfeksi Toxoplasma (pada kasus anda, memelihara kucing), ibu-ibu sebelum atau selama masa hamil (bila hasilnya negatif pelu diulang sebulan sekali khususnya pada trimester pertama, selanjutnya tiap trimeter), serta bayi baru lahir dari ibu yang terinfeksi Toxoplasma.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar