Sukses

Tips Hidup Sehat

23 Feb 2015, 12:58 WIB
Pria, 23 tahun.

Berharap mendapatkan masukan untuk menjaga kesehatan.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Makan sehat dan diet yang seimbang merupakan proses dalam menjaga kesehatan. Tidak perlu rumit, ikuti saja 8 tips dibawah ini :

  1. Pati (karbohidrat) sebagai makanan dasar
    Makanan jenis karbohidratharus mendasari 1/3 dari jenis makanan yang anda konsumsi. Makanan seperti kentang, sereal, pasta, nasi dan roti. Pilihlah jenis roti gandum, atau bila mengkonsumi kentang, kulit juga dikonsumsi. Makanan golongan ini mengandung serat yang dapat membuat anda kenyang dalam waktu yang lama. Cobalah agar setiap waktu makan anda paling tidak ada 1 jenis karbohidrat.
  2. Perbanyak sayur dan buah
    Direkomendasikan agar mengkonsumsi paling tidak 5 porsi buah atau sayur dengan jenis yang berbeda setiap harinya.
  3. Perbanyak ikan
    Ikan merupakan sumber protein dan juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Cobalah untuk mengkonsumsi paling tidak 2 porsi dalam seminggu.
  4. Kurangi lemak yang bersaturasi dan gula
    Lemak yang bersaturasi seperti keju, kue, biskuit, sosis, mentega dan lainnya meningkatkan risiko terjadinya penyumbatandi jantung. Perbanyak makanan yang mengandung lemaktidak bersaturasi seperti alpukat, minyak ikan, dan minyak nabati. Saat ingin mengkonsumsi daging, pilihlah daging dengan potongan ramping dan hindari daging dengan lemak yang terlihat. Hindari juga minuman dan makanan yang mengandung banyak gula.
  5. Kurangi garam
    Walaupun anda tidak menambahkan garam dalam makanan, hampir sebagian besar makanan yang kita beli sudah mengandung garam seperti sereal, sup, roti, dan saus. Terlalu banyak mengkonsumsi garam dapat meningkatkan risiko darah tinggi.
  6. Cobalah untuk aktif dengan berat badan ideal
    Kelebihan berat badan dapat memicu beberapa kondisi seperti, diabetesmellitus tipe 2, beberapa jenis kanker, penyakit jantung dan stroke. Bila anda ingin mengurangi berat badan tidak cukup dengan dietnamun juga harus diimbangi dengan aktivitas fisik. Aktivitas fisik disini belum tentu harus dengan berolahraga, contohnya adalah jalan keluar rumah, atau bila anda kerja di kantoran, parkir sedikit jauh agar dapat jalan.
  7. Pilihlah minuman anda
    Manusia membutuhkan sebayak 1,2 liter cairan setiap harinya diluar dari cairan yang kita dapatkan dari makanan. Minuman yang sehat untuk anda konsumsi adalah air, susu dan jus buah. Diluar minuman itu cobalah untuk hindari, termasuk minuman kaleng yang mengandung terlalu banyak gula tambahan.
  8. Jangan lupa untuk sarapan
    Banyak yang mengira bahwa dengan melupakan sarapandapat membantu menurunkan berat badan, namun hal ini justru salah, sarapan ternyata membantu kita mengontrol berat badan. Sarapan yang sehat dapat memberikan vitamin dan mineral penting untuk kelangsungan hari kita.
  9. Tidak merokok
  10. Hindari Stress

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar