Sukses

Cara Membasmi Cacing Kremi

12 Feb 2015, 17:14 WIB
Pria, 22 tahun.

Pak. Saya mau tanya. Cara membasmi cacing kremi bagaimana. Karena tiap waktu malam terasa ada yg bergerak-gerak di dubur saya.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Cacing kremi atau Enterobius vermicularis merupakan penyebab infeksi cacing kremi yang disebut juga enterobiasis atau oksiuriasis. Telur cacing kremi dapat terhirup dari udara kemudian tertelan atau dari kontak dengan penderita dan barang-barangnya sehingga telur cacing tertelan. Setelah telur cacing tertelan, larva akan menetas di dalam usus kecil kemudian menjadi cacing dewasa di dalam usus besar. Cacing dewasa betina kemudian bergerak ke daerah di sekitar anus untuk menyimpan telurnya di dalam lipatan kulit anus penderita. Seringkali penderita merasa gatal di bagian anus karena gerakan cacing dan bahan yang terdapat pada cairan untuk menempelkan telur.

Infeksi cacing kremi memang dapat disembuhkan melalui pemberian dosis tunggal obat anti-parasit yaitu mebendazole, albendazole atau pirantel pamoat. Namun, walaupun telah diobati, infeksi ulang sering terjadi karena telur masih berada di dalam tinja selama seminggu setelah pengobatan dan masih dapat menjadi sumber infeksi. Untuk itu, seluruh anggota keluarga dalam satu rumah harus meminum obat tersebut karena infeksi ulang bisa menyebar dari satu orang kepada yang lainnya. Pakaian, seprei dan barang-barang lainnya sebaiknya sering dicuci untuk memusnahkan telur cacing yang tersisa.

Langkah-langkah pencegahan yang dapat ditempuh untuk mencegah infeksi ulang antara lain:

  1. Menghindari penggarukan daerah anus karena bisa mencemari jari-jari tangan dan setiap benda yang dipegang/disentuhnya
  2. Mencuci tangan sebelum makan dan setelah buang air besar
  3. Memotong kuku dan menjaga kebersihan kuku
  4. Mencuci peralatan-peralatan yang berkontak dengan penderita
  5. Mencuci seprei secara rutin, minimal 2 kali/minggu
  6. Mencuci jamban setiap hari

 

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan Anda lekas teratasi.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar