Sukses

Penanganan Biang Keringat pada Anak

23 Feb 2015, 13:08 WIB
Wanita, 45 tahun.

Saya ingin tanya dok , anak saya baru berusia 12 hari dileher pundak dan dada bnyak bnget biang kringet , apa boleh bedak salisil boleh buat usia sgtu dok

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Aktivitas yang berlebihan atau apabila cuaca panas maka anak-anak akan mudah berkeringat yang mengakibatkan beberapa bagian tubuh menjadi gatal dan terjadi sumbatan kelenjar keringat.

Biang keringat memang sering sekali ditemui pada bayi dan anak kecil. Biang keringat atau sering disebut miliaria adalah kelainan kulit akibat retensi keringat, yang ditandai dengan adanya bintik-bintik kecil. Untuk memastikan benar tidaknya adanya biang keringat pada anak Anda, memang memerlukan pemeriksaan langsung. Namun, berikut beberapa informasi mengenai miliaria yang dapat Anda ketahui. 

Miliaria/biang keringat atau keringat buntet memiliki bermacam bentuk, seperti:

  • Miliaria Kristalina

Sumber: http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/images/ency/fullsize/2891.jpg

  • Miliaria Rubra

Sumber: http://www.aafp.org/afp/2008/0101/afp20080101p47-f6.jpg

  • Miliaria Profunda

Sumber: http://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/images/ency/fullsize/2093.jpg

Pada ketiga jenis miliaria tersebut tidak diperlukan pengobatan khusus. Tindakan yang dapat dilakukan adalah cukup dengan menghindari panas yang berlebihan, mengusahakan ventilasi yang baik, pakaian tipis dan menyerap keringat. Anda juga dapat memberikan lotion yang mengandung calamin atau mentol. Sekarang penggunaan bedak salisil sudah dibatasi, mengingat serbuk bedak tersebut mudah terhirup oleh bayi. Sedangkan jika mengalami peradangan (ditandai dengan kemerahan yang sangat banyak dan menyeluruh) dapat diberikan salep antibiotik. Namun tentunya pemberiannya harus atas persetujuan dokter spesialis kulit yang menangani. Kami sarankan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin jika keluhan dirasakan semakin menganggu.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar