Sukses

Fisioterapi untuk Stroke

23 Feb 2015, 13:17 WIB
Pria, 38 tahun.

Assalamualaikum. Mau tanya masalah penyakit strok. Ibu sy sudah 5 thn sakit strok, kaki kiri & tangan kiri sudah tdk bisa digerakkan lagi, tapi masih ada rasa jka dicubit, untuk berbicara normal aja. yg mau sy tanyakan kenapa kaki (betis, paha dan badan) ibu sy mengecil, padahal makan bagus dan lancar, apa bisa disembuhkan jka bisa obat apa yg harus sy berikan ke ibu sy, biar kaki dan pahanya bisa normal

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Secara umum penyebab lengan dan tungkai mengecil adalah akibat otot yang mengecil. Pada jaringan otot berlaku prinsip "Use it or You Lose it". Jadi lengan dan tungkai yang mengecil bisa disebabkan oleh karena otot-otot di daerah itu tidak digunakan. Kelumpuhan yang dialami pada lengan dan tungkai kiri menyebabkan otot-otot tidak pernah digerakkan, sehingga bagian tersebut mengecil.

Pada orang pasca stroke biasanya dilakukan fisioterapi rutin untuk melatih daerah yang lumpuh. Memang belum dapat mengembalikan fungsinya 100% seperti semula, tetapi dapat mencegahnya menjadi kaku, kontraktur, nyeri, dan mengecil. Mengingat sudah 5 tahun Ibu Anda mengalami kelumpuhan, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis saraf atau rehabilitasi medik untuk tatalaksana lebih lanjut.

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar