Sukses

Nyeri Kepala Ketika Menstruasi

23 Feb 2015, 14:02 WIB
Wanita, 37 tahun.

Salam, Dok, saya mau tanya,kenapa setiap menstruasi saya selalu mengalami sakit kepala sebeah kiri tepatnya dibagian belakang telinga dan otot-otot bagian pundak sampai leher pegal semua sampai ke samping kepala dan mata. Dan itu sampai hampir 3 hari selama menstruasi. Dan perut saya juga rasa kembung, dan sakit di bag ulu hati. saya juga memiliki sakit maag atau asam lambung. Saya sudah pernah memeriksakan ke dokter, tapi kata dokter tidak ada masalah/masih normal terjadi. saya hanya diberikan resep saja, setelah saya minum obat-obat itu, berkurang hanya semantara saja. Dan setiap kali menstruasi pasti selalu mengalami sakit kepala sebelah spt yang saya ceritakan ini. Apakah memang ada hub nya antara sakit kepala dengan sakit maag saat haid? Dan apa obatnya. Terimakasih, saya tunggu jawabannya.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Rasa sakit yang timbul setiap kali datang bulan sering dialami oleh banyak wanita. Rasa sakit ini biasanya dirasakan di perut bagian bawah yang timbul setiap hari ke-1 hingga hari ke-3 dari siklus menstruasi. Selain di perut bawah, nyeri juga dapat dirasakan di kepala, pundak, punggung, dll. Rasa nyeri yang dirasakan oleh setiap wanita berbeda beda, dapat berupa nyeri ringan maupun berat hingga mengganggu aktivitas sehari hari. Jika nyeri yang dirasakan sangat berat dan mengganggu aktivitas sehari hari dikenal dengan nama dismenorea. Terdapat dua jenis dismenore, yaitu :

  • Dismenorea primer : dismenore tipe ini timbul sejak haid pertama dan akan pulih sendiri dengan berjalannya waktu dengan lebih stabilnya hormon tubuh . Nyeri haid ini adalah normal, dan tidak membahayakan kesehatan. Dismenorea ini terjadi murni karena kontraksi otot rahim saat menstruasi akibat dari hormon prostaglandin
  • Dismenorea sekunder : biasanya baru timbul di kemudian hari setelah menstruasi pertama. Dismenore ini dapat disebabkan oleh beberapa panyakit/kelainan penyebab, antara lain : kelainan atau penyakit seperti infeksi rahim, kista atau polip, tumor sekitar kandungan,dll.

Apabila dismenorea yang dirasakan adalah dismenorea primer maka tidak akan ada masalah, namun apabila penyebabnya adalah dismenorea sekunder, maka ada kemungkinan faktor penyebab tersebut dapat mengganggu kesuburan Anda. Jika rasa nyeri haid ini baru anda alami akhir-akhir ini (dismenorea sekunder), segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebab sebenarnya dari dismenorea ini dan mendapat penatalaksaan yang tepat sedini mungkin. 

Anda dapat mengkonsumsi obat antinyeri (ibuprofen, asam mefenamat, atau metampyrone) untuk meringankan keluhan untuk sementara.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar