Sukses

Waktu Tepat Untuk Tes Kehamilan

05 Feb 2015, 14:48 WIB
Wanita, 25 tahun.

Setelah berhubungan badan , kapan waktu yang tepat menggunakan alat tes kehamilan ? Berapa selang waktunya ??

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang mungkin belum terdeteksi karena kadar hormon kehamilan di dalam tubuh yang masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), Anda dapat mencoba testpack ulang 1-2 minggu lagi, atau tes darah untuk kadar hormon beta HCG dalam darah bila haid tidak juga datang. Jika hasil test positif, lanjutkan dengan pemeriksaan USG.

Hormon hCG (Human chorionic gonadotropin) diproduksi oleh sel yang membentuk plasenta, yang bekerja menutrisi sel telur setelah dibuahi dan menempel di dinding rahim. Level hCG dapat dideteksi dalam darah sekitar 11 hari setelah pembuahan, dan terdapat dalam urin sekitar 12-14 hari setelah pembuahan. Umumnya level hCG akan berlipat ganda setiap 48-72 jam. Kadarnya akan mencapai puncak pada kehamilan minggu ke 8 hingga 11, untuk selanjutnya menurun hingga akhir kehamilan. Namun tidak semua kehamilan yang sehat menunjukkan angka kadar hCG yang tinggi. Pemeriksaan yang lebih akurat dalam memantau kehamilan adalah dengan menggunakan ultrasound (USG).

Pada pemeriksaan test pack urin, juga dapat terjadi hasil negatif palsu akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi. Jika hasil test positif, lanjutkan dengan pemeriksaan USG oleh dokter.

Mengenai usia kehamilan, terdapat beberapa cara untuk mengetahui usia kehamilan, salah satunya adalah dengan melakukan perhitungan menurut  HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Banyak sekali faktor yang mempengaruhi perhitungan kehamilan menurut HPHT. Perhitungan kehamilan menurut HPHT hanya dapat dipercaya apabila sang wanita hamil memiliki siklus menstruasi teratur dan normal yaitu sekitar 28 hari. Apabila siklus menstruasi tidak teratur maka perhitungan ini tidak valid.  

Namun metode perkiraan usia kehamilan dengan perhitungan hari pertama menstruasi terakhir tidak terlalu dapat diandalkan akurasinya dibandingkan dengan perhitungan dengan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Karena itu, dalam hal ini, hasil perkiraan usia kehamilan dengan USG lebih dipercaya.

Untuk itu kami sarankan agar Anda konsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan diagnostik yang menyeluruh.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi Anda.

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar