Sukses

BAB Keluar Darah

14 Feb 2015, 20:58 WIB
Wanita, 20 tahun.

dokter, ketika BAB keluar darah cair. apa termasuk kategori wasir. apa penyebabnya, bagaimana pencegahan dan pengobatan. karena ketika beli obat di apotik tidak bisa BAB

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sejak kapan keluhan tersebut dirasakan? Apakah terdapat keluhan lain seperti nyeri perut, nyeri mengejan, demam, mual muntah, dan lainnya? Apakah darah yang Anda maksud berupa darah segar atau berwarna kehitaman? BAB berdarah dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah ambeien/wasir/hemorrhoid, polip usus besar, gastritis erosif (perlukaan pada lambung), kanker usus besar, lecet pada daerah anus karena feses yang keras (dan Anda mengedan), dan lainnya. 

Diperlukan anamnesa dan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang (jika diperlukan) untuk dapat menegakan sebuah diagnosis. Kami sarankan anda memeriksakan diri anda langsung ke dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam agar dapat segera dicari sumber perdarahannya diikuti dengan penanganan yang sesuai. Apabila dalam pemeriksaan ditemukan adanya wasir dan diperlukan penanganan oleh dokter bedah maka akan dilakukan rujukan. 

 Turut kami sertakan artikel terkait pertanyaan Anda:

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan Anda lekas teratasi. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar