Sukses

Flu Tiap Malam, Buah Zakar Besar Sebelah, dan Badan Sulit Gemuk

29 Jul 2015, 20:57 WIB
Pria, 10 tahun.

1.sering influenza tiap malam hidung selalu tersumbat 2.buah jakarnya besar sebelah 3.badannya kurus cuma tinggi saja yang bertambah bagaimana penangannya ya dokter,mohon penjelasannya.terima kasih...

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami akan menjawab pertanyaan anda satu persatu.

Flu Tiap Malam

 

BIla keluhan yang anda alami timbul pada  malam hari saja  kemungkinan adalah rinitis alergi. Pilek yang dialami oleh penderita rhinitis alergi biasanya bersifat encer dan banyak, dan dapat pula disertai dengan bersin-bersin, hidung tersumbat, mata gatal dan kadang-kadang disertai dengan keluarnya air mata. Bentuk alergi bervariasi pada tiap orang;mulai dari bentol yang gatal pada kulit tubuh, bersin-bersin hingga mengeluarkan ingus cair dan bening, mata merah dan gatal, hingga asma. Sedangkan faktor pencetus pun berbeda-beda pada tiap orang; diantaranya, udara  ( dingin atau panas), debu, makanan seperti udang dan makanan laut lainnya.

Untuk lebih pastinya silahkan anda memeriksakan diri anda ke dokter. karena yang kami sampaikan diatas hanya sebuah dugaan dari informasi yang anda berikan saat ini.

 

Buah Zakar Besar Sebelah

Memang normalnya buah zakar besar sebelah, itu disebabkan karena testis kanan turun lebih dulu daripada yang kiri, sehingga testis kanan terlihat lebih kecil daripada yang kiri. Namun jika testis kanan yang terlihat lebih besar dan testis kiri tidak berkembang, perlu diperhatikan apakah perbedaannya cukup besar. Perlu juga diperhatikan konsistensi dari testis kanan Anda, apakah semakin membesar dan teraba keras. Hal ini perlu diwaspadai akan adanya pertumbuhan tumor atau adanya cairan pada testis Anda.

Apakah buah zakar Anda terlihat besar sebelah jika terlalu banyak aktivitas atau mengedan? Apakah ukurannya akan kembali normal setelah berbaring/beristirahat? Jika ya, kemungkinan Anda mengalami hernia.

Jika dirasakan sangat mengganggu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis bedah atau dokter spesialis urologi untuk pemeriksaan fisik lengkap, penegakkan diagnosis dan penanganan optimal.

 

Badan Sulit Gemuk

Pada dasarnya, berat badan tidak bertambah disebabkan karena konsumsi energi lebih rendah dari kebutuhan. Dalam hal ini, sebagian cadangan energi tubuh dalam bentuk lemak akan digunakan. Penyebab lain adalah karena metabolisme tubuh yang cepat (biasanya merupakan faktor keturunan).  Selain itu, seseorang yang termasuk dalam kategori kurus dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti hipertiroid atau tuberkulosis. Jika memang Anda memiliki keluhan ke arah sana sebaiknya periksakan diri ke dokter. Ciri hipertiroid adalah metabolisme yang meningkat yang ditandai dengan sering berkeringat, berdebar-debar, sering BAB, mata menonjol, susah menaikkan berat badan, tangan sering gemetar.

Jika pola makan Anda sudah baik, bagaimana dengan pola aktivitas Anda? Adakah keluhan lain yang Anda rasakan seperti batuk lebih dari 2 minggu atau tangan gemetar, sering buang air besar?

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.
  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu. 
  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  • Istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma.
  • Memperbanyak minum air putih.

Anda dapat mengunjungi Rubrik Gizi yang kami miliki untuk panduan beberapa jenis makanan dan kalorinya. Selain itu Anda juga dapat memperhatikan label makanan pada setiap kemasan untuk mengetahui jumlah kalori dan kandungan nutrisi pada setiap produk makanan yang Anda beli.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar