Sukses

Cegukan Terus Menerus

03 Feb 2015, 11:20 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok bpak saya terkena jantung Dan setahun ini bliau selalu mengkonsumsi obat Blkangan ini bliau ceguken trus menerus mlh hampir seminggu Stlah di cek ternyata bliau kbykn kkalium Skrg bliau di rs sdng mnjalni pgbtan Tpi tetep dok cegukannya kambuh Dan kmbuh llgi Mohon solusinya dok

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Cegukan atau hiccup yang dalam bahasa kedokteran dikenal dengan nama singultus adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Cegukan umumnya akan menghilang dengan sendirinya, cegukan yang terjadi lebih dari 48 jam dan berlangsung terus menerut perlu dievaluasi lebih lanjut karena dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu.

Cegukan seringkali terjadi karena makan terlalu cepat, minum air dingin sesaat setelah makan makanan panas, makan makanan yang sangat panas atau pedas, tertawa atau batuk terlalu keras, kelebihan minuman beralkohol, atau gangguan keseimbangan elektrolit (kemungkinan seperti yang dialami ayah Anda). Cegukan juga dapat terjadi karena gangguan medis lainnya. 

Karena saat ini ayah Anda sedang mendapat pengobatan untuk penyakit jantung, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis jantung yang merawat beliau. Terdapat beberapa golongan obat yang dapat digunakan untuk mengatasi cegukan (dalam artikel Tips Mengatasi Cegukan), namun tentunya penggunaan obat ini harus atas pertimbangan dokter yang paling mengetahui kondisi ayah Anda agar tidak terjadi interaksi atau gangguan terhadap obat lain yang saat ini dikonsumsi. 

Berikut kami sertakan artikel terkait pertanyaan Anda: Jangan Anggap Sepele Cegukan!

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar