Sukses

Daerah Kewanitaan Menghitam

31 Jan 2015, 10:28 WIB
Wanita, 26 tahun.

Slamat malam dok,, sya ingn brtya,, apa penyebab di daerh kwanitaan berubah warna menjadi hitam? Mks

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Daerah kewanitaan berwarna kehitaman di dalam dunia kedokteran disebut dengan hiperpigmentasi. Seringkali terjadi di daerah lipatan seperti lipatan paha (selangkangan), lipatan siku dan lain sebagainya. Hiperpigmentasi ini dapat dicetuskan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah perubahan hormonal, pemakaian pil KB, kurang terjaga kebersihan, bekas infeksi jamur atau seringnya terjadi gesekan antar kulit.

Akibat faktor pencetus ini maka akan terjadi peningkatan produksi pigmen pada melanosit. Peningkatan produksi pigmen pada sel kulit akan menyebabkan area kulit menjadi lebih gelap daripada sekitarnya.

Yang diperlukan saat ini adalah menghindari faktor pencetus, menjaga kebersihan, diusahakan agar daerah selangkangan Anda tidak mudah bergesekan.

Selangkangan Hitam juga dapat disebabkan oleh Candidiasis yang merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Dermatitis kruris merupakan peradangan pada kulit di daerah selangkangan. Kedua penyakit kulit tersebut menimbulkan gejala gatal. Kondisi yang Anda alami mungkin saja disebabkan salah satu dari kedua diagnosis tersebut. Diagnosis penyakit kulit tersebut dapat ditegakkan setelah dilihat secara langsung. Umumnya kondisi ini dicetuskan oleh kondisi daerah sekitar anus dan kemaluan yang tidak terjaga kebersihannya dan selalu lembab. Obat untuk kedua penyakit ini berbeda.

Kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan fisik sehingga dapat diketahui penyebab daerah kewanitaan menjadi kehitaman. Untuk sementara, sebaiknya Anda menjaga kebersihan daerah kemaluan dan sering berganti pakaian dalam.

Berikut Kami lampirkan Artikel terkait:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar