Sukses

Gigi Geraham Bungsu Sering Sakit

31 Jan 2015, 11:52 WIB
Wanita, 19 tahun.

Malam, Dok Saya ingin bertanya mengapa gigi bungsu yang baru tumbuh sering sakit ya? Lalu solusi apa agar tidak sakit? Makasih Dok.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Sebelum membahas lebih lanjut Saya ingin menanyakan apakah gigi geraham bungsu Anda mengalami gangguan pertumbuhan seperti hanya muncul setengah atau muncul dengan posisi yang tidak normal?.  Karena keadaan yang Anda alami ini dapat terkait kondisi gigi geraham bungsu yang mengalami gangguan pertumbuhan atau impaksi. Gigi impaksi dapat terbenam seluruhnya dalam tulang,  atau bisa juga hanya separuh mahkota yang berhasil menembus tulang dan gusi dan posisinya biasanya tidak tegak melainkan sedikit miring atau posisi abnormal lainnya. Munculnya gigi geraham bungsu terjadi pada usia 17- 21 tahun.

Banyak para ahli yang menyarankan pencabutan pada kasus gigi seperti ini, karena jika hanya diberi obat untuk mengurangi radang gusi, peradangan tersebut nantinya akan kembali berulang. Pencabutan gigi yang impaksi memang tidak seperti pencabutan biasa, mengingat posisi gigi yang umumnya terletak di luar lengkung rahang normal atau miring, atau bahkan tidak tumbuh sama sekali. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena tindakan ini merupakan operasi kecil dengan pembiusan lokal. Jika dilakukan sesuai prosedur, resiko komplikasi dapat ditekan seminimal mungkin atau bahkan tidak ada.

Untuk meredakan rasa nyerinya dapat diatasi dengan obat analgetik, namun perlu Anda sadari bahwa obat tersebut hanya bekerja meredakan nyerinya saja tanpa menghilangkan penyebab dari timbulnya rasa sakit namun sebaiknya Anda periksakan keadaan ini segera ke dokter gigi agar bisa dilakukan terapi yang dibutuhkan. 

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca

Impaksi Molar Tiga

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar