Sukses

Gigi Tidak Kunjung Tumbuh

31 Jan 2015, 12:07 WIB
Pria, 13 tahun.

Dok mau nanya ?? Gigi saya ini kan sudah tanggal dan udah dicabut udah lama tapi kok gak tumbuh ya dok ?? Trima.kasih...

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya memahami kekhawatiran Adik.  Secara normal (fisiologis) lepasnya gigi susu biasanya langsung diikuti dengan tumbuhnya gigi tetap, karena goyangnya gigi susu tersebut disebabkan oleh kemunculan gigi tetap. Namun pada keadaan tertentu gigi susu dapat goyang dikarenakan oleh kematian/nonvitalnya gigi Pada banyak kasus banyak ditemukan gigi susu nonvital yang telah goyang sebelum waktunya tetapi tetap berada didalam mulut dan biasanya jaringan gigi yang tersisa juga hanya sedikit, dapat hanya berupa sisa akar.

Pada usia Adik ini  gigi susu seharusnya sudah digantikan semua oleh gigi tetap, dan gigi tetap yang akan tumbuh menggantikan gigi susu adalah gigi geraham atau gigi  molar 2 yaitu pada rahang atas akan tumbuh diusia 12-13 tahun dan pada rahang bawah diusia 11-13 tahun. Untuk memastikan kondisi pada gigi Adik yang tidak kunjung tumbuh maka sebaiknya periksakan keadaan tersebut ke dokter gigi.

Demikian informasiyang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar