Sukses

Meningkatkan Keprcayaan Diri Diranjang

30 Jan 2015, 13:34 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok saya mau konsul saya baru menikah sekita 5 bulan yg lalu. Saya merasa kurang pecaya diri untuk melakukan hubungan seks dengan istri saya. Karena ini adalah pengalam pemula saya meresa takut tidak memuaskan istri saya. Apa dokter punya solusi untuk saya agar saya percaya diri dan tahan lama di ranjang dok. Terima kasiih

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Seks menurut teori hierarki adalah kebutuhan yang ditempatkan pada level dasar, itu artinya sejajar dengan aktivitas bernafas, makan, minum, buang air besar dan tidur. Kehidupan seks yang kurang baik, efeknya akan serupa dengan kurang tidur nyenyak dengan kata lain kehidupan seksual mempengaruhi kualitas hidup seseorang.Tidak semua orang dapat mengalami kehidupan seksual yang sehat dengan pasangannya.

Untuk dapat membangun suatu hubungan seksual yang sehat seseorang dan pasangannya harus dapat menjaga komunikasi dua arah yang harmonis, memiliki pengetahuan seks yang benar, adanya rasa saling menghargai harkat dan martabat terhadap pasangan.

  1. Atasi Penyebab Kurang Percaya Diri : Apabila kurangnya percaya diri dari Anda merupakan masalahnya, percayalah bahwa istri Anda menerima dan mencintai Anda apa adanya, laki-laki yang percaya diri akan memancarkan "kegagahan" dari diri Anda dan membuat Anda nyaman, sehingga akan dapat lebih mesra dengan istri. Masalah tersering adalah pria takut wanita tidak lagi tertarik dengannya, atau merasa ada yang salah dengan bagian tubuhnya (kelamin). Buang jauh-jauh pikiran tersebut, dan fokuskan pada apa yang membuat Anda bahagia. Kenakan pakaian yang nyaman, atur pencahayaan ruangan, putar musik yang Anda berdua sukai, bila Anda merasa rileks dan bahagia, akan terpancar dan istri juga akan merasakan hal yang sama. 

  2. Menciptakan Suasana Romantis : Hubungan intim suami-istri dapat menjadi suatu kegiatan rutin yang monoton dan terkesan kewajiban yang harus dilakukan. Untuk itu, suasana romantis seperti makan malam romantis, menonton film berdua saja, keluar rumah di tengah malam berdua untuk mencari makanan kecil, berolahraga bersama, atau hal-hal lain yang dapat dilakukan berdua saja dan membangun suasana romantis dapat dicoba. Melakukan hal-hal yang dulu pernah dilakukan saat pacaran juga dapat membantu. Bangkitkan kembali romansa manis hubungan cinta Anda dan pasangan untuk mendapatkan mood yang tepat

  3. Cukup istirahat : Istirahat yang cukup seringkali disepelekan, padahal hal ini penting untuk kesehatan fisik dan emosional. Dengan fisik yang sehat dan kesehatan emosi yang baik akan meningkatkan mood untuk melakukan hubungan intim.

  4. Komunikasikan ketidaknyamanan dan atasi bersama : Jika Anda merasa tidak nyaman, sakit atau ngilu saat melakukan hubungan intim maka dapat menyebabkan keinginan untuk melakukan hubungan intim menurun. Untuk itu, setiap keluhan yang dirasakan saat melakukan hubungan intim perludikomunikasikan bersama untuk dicari solusinya. Bicarakan dengan pasangan Anda secara terbuka sehingga Anda dan pasangan dapat mencari solusi yang terbaik. Bila perlu, konsultasikanlah dengan dokter untuk panduan informasi yang lebih lengkap.

 

Hubungan seks yang dianjurkan adalah 2-3x seminggu. Sperma dihasilkan di dalam saluran reproduksi pria yaitu testes dan kemudian disimpan dan disalurkan apabila terjadi ejakulasi. . Sperma diproduksi setiap 3 hari sekali dan matang dalam waktu kurang lebih 48 jam. Apabila ejakulasi terjadi lebih dari satu kali dalam waktu kurang dari 48 jam maka kualitas sperma tidak optimal karena sperma belum matang. Selain itu, ejakulasi yang terlalu sering juga akan memberikan beban kerja berlebih kepada prostat. Kualitas sperma akan menurun sejalan dengan pertambahan usia, dari segi jumlah maupun pergerakannya yang melambat. Selain usia, kualitas sperma juga dipengaruhi oleh beberapa factor, pada pria seperti makanan dengan gizi kurang adekuat, stress, obesitas, obat-obat,merokok, pestisida yang terdapat dalam makanan dan latihan fisik atau olah raga.

Olahraga sangat berperan penting dalam mendongkrak vitalitas dan metabolisme tubuh manusia. Pun sekaligus secara fisik dapat membantu wanita meningkatkan hasrat seksualnya. Olahraga dapat meningkatkan kuantitas dari hormon yang dapat meningkatkan libido.

Berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang dapat memicu peningkatan libido :

  1. Seledri. Makanan ini mengandung androsterone, sebuah hormon tak berbau yang dilepaskan melalui kelenjar keringat dan menggairahkan wanita.

  2. Tiram Mentah. Tiram kaya akan kandungan zinc atau seng yang berfungsi meningkatkan produksi sperma dan testosteron. Tiram juga mengandung zat dopamine, hormon yang dikenal untuk meningkatkan libido.

  3. Pisang. Buah ini mengandung enzim bromelain, yang diyakini meningkatkan libido dan impotensi pada pria sebaliknya. Sebagai tambahan, mereka juga termasuk makanan sumber potassium dan vitamin B, seperti riboflavin, yang bisa meningkatkan energi tubuh secara keseluruhan.

  4. Alpukat mengandung asam folat yang tinggi , yang membantu metabolisme protein, sehingga memberikan Anda lebih banyak energi. Mereka juga mengandung vitamin B6 (nutrisi yang meningkatkan produksi hormon pria) dan potasium (yang membantu mengatur kelenjar tiroid wanita) yang membantu meningkatkan libido pada pria dan wanita.

  5. Almond (atau jenis kacang pada umumnya). Almond merupakan sumber utama asam lemak esensial. Aroma almond diakui dapat membangkitkan gairah pada wanita.

  6. Telur merupakan makanan yang kaya akan gizi, seperti vitamin B6 dan B5 yang dapat membantu menyeimbangkan kadar hormon dan melawan stres, dua hal yang sangat penting bagi kesehatan libido.

  7. Hati. Sumber glutamin(sel bahan bakar untuk sistem kekebalan tubuh). Hati mungkin memang meningkatkan libido perlahan.

  8. Bawang putih mengandung allicin, bahan yang meningkatkan aliran darah ke organ seksual. Dengan demikian, itu herbal yang sangat efektif untuk membantu meningkatkan libido.

  9. Cokelat mengandung theobromine alkaloid yang mirip dengan kafein dan Phenylethylamine, sebuah kimia yang diyakini menghasilkan perasaan "jatuh cinta." Cokelat hitam mempunyai jumlah besar-besaran anti-oksidan yang bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

  10. Daging merah(terutama sapi) merupakan sumber zinc atau seng, yaitu nutrisi peningkat libido yang juga ditemukan di tiram. Zinc meningkatkan hormon testosteron dan menghambat produksi hormon prolaktin yang dapat merusak fungsi seksual(menyebabkan disfungsi ereksi).

  11. Lemak ikan. Jenis ikan salmon, tuna dan sarsen banyak mengandunga asam lemak omega-3, DHA dan EPA. Zat-zat yang terkandunga pada jenis-jenis ikan tersebut dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah(salah satunya adalah alat kelamin) dalam tubuh dan meningkatkan kadar dopamine pada otak (pria) untuk meningkatkan gairah seksual. Selain itu ikan juga mengandung asam amino L-arginine yang selanjutnya diproses dalam tubuh menjadi zat nitrat oksida. Perlu diketahui zat ini berguna untuk mempertahankan ereksi lebih tahan lama.

  12. Outmeal. Sama halnya dengan lemak ikan, outmeal juga mengandung L-arginine yang mampu meningkatkan produksi testosterone sekaligus mendorong efektivitas nitat oksida yang berguna untuk meminimalkan peregangan pembuluh darah. Fung L-arginine sendiri kurang lebih sama seperti Viagra yaitu menjaga relaksasi pembuluh darah pada penis sehingga ereksi bisa dipertahankan lebih lama

  13. Bayam merupakan sumber magnesium potensial yang berguna untuk memperlebar pembuluh darah termasuk aliran darah ke penis sehingga ereksi bisa lebih kuat. Selain bayam, sayuran hijau lain seperti brokoli, kol dan kubis Brussel juga mengandung asam folat  yang berfungsi menambah stamina pria dan menurunkan homocystein(asam amino berbahaya yang menyebabkan pembentukan plak dan iritasi pada pembuluh darah.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat (AAS)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar