Sukses

Mengatasi Bayi Obesitas

29 Jul 2015, 22:27 WIB
Wanita, 25 tahun.

Siang dok, anak saya baru masuk 5 bulan, laki laki. Kemarin imunisasi dan ditimbang. Berat anak saya sudah mencapai 9200 gram. Petugas kesehatan menyarankan anak saya untuk diet dan diberi vitamin untuk perkembangan otak bayi. Bagaimana cara diet untuk bayi dok? Dan vitamin apa yang bagus untuk otak bayi? Terimakasih dok..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Obesitas pada anak adalah kondisi dimana terjadi penumpukan lemak tubuh yang berlebih sehingga berat badan anak jauh di atas normal dan dapat membahayakan kesehatan. Umumnya obesitas kita ukur melalui Indeks Massa Tubuh (IMT) yaitu perhitungan yang dilakukan untuk mengetahui apakah anak termasuk dalam berat badan normal, kurang, atau berlebih (obesitas).


Seseorang menjadi obese tidak hanya disebabkan oleh satu faktor, melainkan multifaktorial atau terpicu dari berbagai macam aspek, termasuk faktor diet, faktor gaya hidup, faktor kebudayaan, faktor genetik, faktor jenis kelamin, dan faktor pola kebiasaan. Kelainan genetik seperti Sindrom Prader-Willi, Sindroma Bardet-Biedl, dapat menyebabkan obesitas pada anak. Karena banyaknya faktor yang terkait maka anak dari kalangan mana saja dapat mengalami obesitas dan juga dari usia paling dini pun dapat terjadi, meskipun biasanya paling sering terjadi ketika anak telah memasuki usia sekolah.

Genetik atau keturunan memang memainkan peran untuk obesitas pada anak. Pada anak dengan obesitas usia dini (< 10 tahun dengan IMT > 3 SD), 7% memiliki mutasi pada lokus gen mereka. Suatu penelitian mengemukakan bahwa bila salah satu dari orangtua obesitas, kemungkinan anak mengalami obesitas adalah 50%,  apabila kedua orangtua obesitas, kemungkinan anak mengalami obesitas adalah 80%, dibandingkan hanya 10% anak yang obesitas apabila kedua orangtua mereka memiliki berat badan normal. Persentase obesitas anak bervariasi dari 6% - 85%, tergantung dari populasi dan gaya hidup. Adakah anggota keluarga Anda yang memiliki berat badan berlebih?

 

Obesitas pada anak dapat berdampak pada gangguan kesehatan seperti penyakit jantung, kolesterol tinggi, penyakit diabetes mellitus, dan banyak lagi. Kemungkinan penyakit ini akan meningkat apabila anak mengalami obesitas. Untuk itu sangat penting untuk memberikan makanan yang sehat bagi anak dan dengan kebutuhan kalori yang sesuai. Sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui agar memberikan makanan yang sehat dan bergizi seimbang bagi anak mereka bukan hanya makanan yang mereka sukai yang tidak diketahui kandungan gizi dan berlebihan jumlah kalorinya, seperti junkfood.

Untuk kasus anak yang Anda sebutkan, kami sarankan agar sebaiknya mengunjungi dokter spesialis anak dan gizi agar dapat dipandu dalam pengaturan diet sehari-hari  yang sifatnya individual, tidak mengganggu pertumbuhannya dengan asupan nutrisi tetap sesuai dan seimbang dan juga dapat dilakukan pemantauan ketat agar berat badan anak dapat mencapai ideal dan terhindar dari masalah-masalah kesehatan.

Kami sertakan artikel yang berjudul:

Obesitas Akibat Salah Asupan, Kurang Aktivitas atau Bakat Turunan?

ASI Mencegah Obesitas Pada Bayi

Menonton TV Penyebab Obesitas Pada Anak

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar