Sukses

Kanker Payudara dan Cairan di Paru

30 Jan 2015, 12:20 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok, ibu saya menjalani operasi kanker payudara sebelah kiri pada tanggal 11 Februari 2014. 2 bulan setelah itu ibu saya mengalami batuk-batuk dan setelah diperiksa ternyata ada cairan pada paru-parunya. pemeriksaan itu dilkukan pada tanggal 26 November 2013. setelah itu ada tonjolan pada luka jahitan operasi. saya mau tanya ada hubungannya antara cairan pada paru-paru dengan kanker payudara yang diidap oeh ibu saya? mohon penjelasannya dok, terima kasih

Terimakasih atas kepercayaan Anda menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Efusi pleura menandakan adanya cairan pada selaput pembungkus paru atau pleura Anda.  Cairan di selaput pembungkus paru dapat disebabkan oleh adanya infeksi pada paru-paru seperti TBC ataupun infeksi bakteri, jamur lainnya, selain itu adanya cairan di selaput pembungkus paru dapat disebabkan oleh kanker. Jadi perlu diketahui dahulu penyebab cairan tersebut apa. 

Karena ibu anda terkena kanker payudara, bisa jadi cairan di paru dan kanker payudara saling berkaitan, misalnya terjadi metastasis ke paru, namun bisa juga disebabkan oleh hal lainnya.

Untuk mengetahui secara pasti mengenai penyebab cairan di paru-paru, dibutuhkan pemeriksaan fisik dan penunjang yang menyeluruh.  Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi lebih lanjut ke Dokter Spesialis Paru atau Penyakit Dalam atau mengunjungi rumah sakit rujukan yang telah diberikan oleh dokter yang menangani sebelumnya. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar