Sukses

Flu Disertai Batuk

29 Jul 2015, 22:39 WIB
Wanita, 24 tahun.

assallamualaikum dokter, saya sering mengalamin flue disertai batuk. dan biasanya penyakit itu, saya dapat karena tertular dri orang lain. saya seperti biasa melakukan pengobatan baik melalui dokter ataupun menggunakan resep tradisional. tapi yang anehnya apapun pengobatannya, saya membutuhkan waktu minimal sebulan bahkan sampai 3 bulan. untuk benar2 sembuh dari batuk dan flue nya. batuk nya di sertai dahak dan terasa penuh lendir di bagian kerongkongan dan ujung hidung. bahkan klw sudah terlalu gatal tenggorokan saya.. saya sampe muntah

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Common cold (batuk-pilek, selesma) adalah suatu reaksi inflamasi saluran pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus. Berbagai virus yang berbeda menyebabkan terjadinya common cold adalah Rhinovirus, Virus influenza A, B, C, Virus Parainfluenza dan Virus sinsisial pernafasan. Semuanyanya mudah ditularkan melalui ludah yang dibatukkan atau dibersinkan oleh penderita.

Gejalanya dapat berupa sesak nafas dengan/ tanpa sumbatan hidung,  bersin-bersin, tenggorokan gatal, hidung meler, batuk, suara serak, lemas, sakit kepala, demam (biasanya ringan). Gejala biasanya akan menghilang dalam waktu 4-10 hari, meskipun batuk dengan atau tanpa dahak seringkali berlangsung sampai minggu kedua.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda coba lakukan untuk mengatasi keluhan Anda :

  • Usahakan untuk beristirahat dan selalu dalam keadaan hangat dan nyaman, serta diusakahan agar tidak menularkan penyakitnya kepada orang lain.

  • Makan makanan dengan gizi seimbang, banyak makan sayur dan buah-buahan

  • Jika terdapat demam atau gejala yang berat, maka penderita harus menjalani tirah baring di rumah.

  • Minum banyak cairan guna membantu mengencerkan sekret hidung sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan/dibuang.

  • Untuk meringankan nyeri kepala atau demam dapat diberikan obat pereda rasa sakit/analgetik seperti asetaminofen atau ibuprofen.

  • Pada penderita dengan riwayat alergi, dapat diberikan antihistamin

  • Menghirup uap atau kabut dari suatu vaporizer bisa membantu mengencerkan sekret dan mengurangi sesak di dada.

  • Mencuci rongga hidung dengan larutan garam isotonik bisa membantu mengeluarkan sekret yang kental

Apabila setelah melakukan beberapa tips tersebut keluhan tidak juga membaik,semakin mengganggu, dan lama sembuhnya, kemungkinan terdapat penyebab lain (misalkan terdapat infeksi bakteri, sehingga dibutuhkan antibiotik), terdapat alergi (seperti alergi dingin, debu, atau lainnya), atau dikarenakan daya tahan tubuh yang lemah, sehingga kurang mampu melawan penyakit yang Anda alami. Kami menyarankan Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, memastikan penyebab keluhan Anda, serta pengobatan optimal.

Untuk informasi lengkap Anda, kami sertakan artikel:

Sakit Kepala

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar