Sukses

Cara Mengatasi Bintitan Pada Mata

12 Feb 2015, 07:59 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok, saya mengalami bintitan, sudah saya kompres dengan air hangat dan bengkak pada mata sudah kempis. Tetapi, bintil atau benjolan pusatnya belum kempis/sembuh. Bagaimana cara menyembuhkannya? Apakah harus melalui proses pembelahan? Adakah cara lainnya dok? Terima kasih :)

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bintitan atau dalam medis disebut hordeolum, yaitu benjolan kecil yang tumbuh di sekitar mata akibat infeksi bakteri (umumnya Staphylococcus sp.) pada kelenjar minyak di tepi jajaran bulu mata atau di bawah kelopak mata. Umumnya hordeolum berisi nanah yang apabila bertambah besar dapat menghalangi mata terbuka secara optimal menimbulkan kesulitan untuk melihat.

Hordeolum bukanlah sebuah gangguan serius dan sebagian besar akan sembuh sendiri. Untuk mempercepat peradangan kelenjar dapat diberikan kompres hangat, 3-4 kali sehari selama 10-15 menit, sampai nanah keluar. Pengangkatan bulu mata dapat memberikan jalan untuk penyerapan nanah. Jika cara tersebut tidak memberikan respon perbaikan maka pertimbangkan pemberian obat tetes yang mengandung antibiotik atau obat minum antibiotik (untuk kasus tertentu, jika peradangan mengenai seluruh mata). Selain itu, jika nanah terlihat tidak memiliki jalan keluar, maka dapat dilakukan penyayatan (insisi) untuk mengeluarkan nanah.

Sebagai pencegahan berulangnya hordeolum, disarankan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh kulit di sekitar mata, bersihkan daerah kelopak mata secara teratur, untuk menghilangkan debu dan minyak yang menumpuk.

Selanjutnya, apabila hordeolum membesar hingga menimbulkan gangguan penglihatan, hordeolum yang terlalu sering timbul, hordeolum tidak sembuh spontan dalam satu minggu, dan tidak respon terhadap pengobatan sendiri, sebaiknya Anda kembali memeriksakan diri ke dokter spesialis mata untuk tata laksana yang lebih optimal. 

Kami turut sertakan artikel terkait pertanyaan Anda:

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan. Semoga keluhan Anda lekas teratasi. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar