Sukses

Konstipasi Setelah Melahirkan

07 Jun 2015, 22:35 WIB
Wanita, 24 tahun.

16 desember 2014 lalu saya melahirksn normal dan di induksi. Setelah melahirkan saya Buang Air Besarnya keras dan setiap habis BAB pantat bagian dalam saya terasa perih dan panas, terutama pada saat saya sedang menyusui. Dan mengapa penyakit inisaya rasakan sampai sekarang? Tolong bagaimana solusinya? Terimaksij

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Sebelumnya perlu kami tanyakan, bagaimana asupan nutrisi anda? apakah telah tinggi serat dan cukup cairan? untuk keluhan kesulitan BAB, apakah jug adisertai gejala lain seperti keluar darah atau adanya benjolan yang teraba pada dubur anda? saat melahirkan apakah anda diberitahu mengenai adanya robekan vagina yang hebat hingga ke anus?

Sayang sekali kami belum bisa menentukan penyebab dari keluhan anda jika tanpa disertai hasil pemeriksaan dan informasi yang lebih lengkap. Jika keluhan ini telah berlangsung lama tanpa menunjukkan adanya perbaikan, maka kami harapkan anda segera memeriksakan diri kepada dokter anda.

Saat ini yang dapat anda lakukan adalah, mengkonsumsi nutrisi tinggi serat dan asupan cairan yang cukup, agar konsistensi BAB tidak keras, dan mempermudah dalam proses BAB. Selain itu, biasakan untuk rutin BAB setiap hari dan jangan menunda waktu BAB.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar