Sukses

Tertular Kanker Nasofaring ?

30 Jul 2015, 19:47 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok saya mempunyai pasangan yang mengidap kangker nasofaring stadium 2, menurut yang saya baca salah satu penyebab kangker nosafaring tersebut adalah virus EBV yang say aingin tanyakan adalah, saya pernah melakukan kissing beberapa kali apakah ada kemungkinan saya bisa tertular kangker nasofaring juga? soalnya saya pernah waktu itu mengalami radang tenggorokan, saat di pagi hari saya membuang dahak terdapet bercak darah yang berangsur sampai 4 hari tapi setelah itu sudah tak ada darah lagi. apakah saya tertular dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sayang sekali untuk saat ini kami tidak dapat memastikan diagnosis Anda. Pasalnya, guna memastikan penyebab dari keluhan Anda diperlukan proses pemeriksaan kepada dokter agar dapat dilakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik langsung serta pemeriksaan penunjang lainnya jika diperlukan.

Kanker nasofaring adalah kondisi tumor ganas pada nasofaring (daerah di belakang hidung). Untuk mendiagnosis secara dini sangatlah sulit, karena tumor ini baru menimbulkan gejala pada stadium-stadium akhir.

Gejala-gejala pada stadium awal penyakit ini sukar dibedakan dengan penyakit lainnya. Dimana letak dari tumor ini tersembunyi di belakang tabir langit-langit dan terletak di dasar tengkorak, dan sukar sekali dilihat jika bukan dengan ahlinya.

Gejala klinis karsinoma (kanker) nasofaring dapat dibagi menjadi 4 kelompok, penjelasan selengkapnya di halaman selanjutnya:

  • Gejala nasofaring, gejala ini dapat berupa perdarahan melalui hidung yang ringan hingga berat, atau sumbatan pada hidung
  • Gejala Telinga, ini merupakan gejala dini yang timbul karena asal tumor dekat sekali dengan muara tuba eustachius, sehingga pembesaran sedikit pada tumor akan menyebabkan tersumbatnya saluran ini dan menimbulkan gejala pada telinga seperti, telinga nyeri, telinga berdenging, rasa tidak nyaman.
  • Gejala Mata, pertumbuhan tumor ini dapat menyebabkan gangguan pada saraf-saraf di otak salah satunya adalah keluhan pada mata berupa pandangan ganda.
  • Gejala di leher, Metastasis, gejala ini dapat dilihat pada beberapa stadium akhir kanker nasofaring berupa pembesaran atau benjolan di leher.

Sayang sekali Kami tidak dapat menentukan penyabab mana yang menjadi alasan dari keluhan Anda, bisa saja kondisi tersebut tidak berkaitan dengan kanker nasofaring atau disebabkan oleh penyebab lain.

Dibutuhkan lebih banyak informasi dari wawancara medis, pemeriksaan fisik, dan penunjang untuk menyakinnya. Untuk itu, kami sarankan Anda memeriksakan diri kepada  dokter spesialis THT secara langsung.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar