Sukses

Sakit Perut pada Area Bawah

29 Jan 2015, 11:54 WIB
Wanita, 21 tahun.

Sakit dan nyeri diarea bawah perut, apa berbahaya? Terimakasih.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Bagaimanakah karakteristik nyeri yang Anda rasakan? Apakah nyeri tajam atau tumpul? Apakah keluhan nyeri yang Anda rasakan berkaitan dengan proses buang air kecil? Apakah Anda mengalami gangguan buang air besar? Apakah Anda mengalami demam, mual atau muntah? Berapa lamakah keluhan ini sudah Anda rasakan? Apakah yang Anda lakukan untuk mengatasi nyeri tersebut?

Nyeri perut bawah pada wanita secara umum dapat disebabkan oleh kulit, otot, lambung, hati, empedu, tulang (apabila nyeri berdekatan dengan daerah tulang iga), usus, indung telur, rahim, ginjal, dan atau kandung kemih. Nyeri, kram ataupun rasa kurang nyaman di area perut bawah dan pinggul dapat juga terjadi pada saat mendekati masa haid, yang biasanya dialami pada wanita usia muda. Nyeri ini diakibatkan karena adanya kontraksi dinding uterus dan biasanya di dominasi di area perut bagian bawah yang menjalar ke pinggang, punggung bagian belakang hingga ke area paha. Apabila nyeri tersebut berasal dari nyeri lain, misal: asalnya nyeri pinggang kiri yang menjalar ke perut kiri, maka ada kemungkinan terdapat gangguan pada saluran kemih. Apabila disertai dengan gangguan BAB maka terdapat masalah pada sistem pencernaan misalkan dapat terjadi IBS (Irritable Bowel Syndrome) atau Inflammatory Bowel Disease (IBD). 

Perlu dipahami bahwa kami tidak bisa memastikan diagnosa tanpa didahului oleh pemeriksaan fisik dan penunjang yang memadai. Untuk itu kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui faktor pemicu keluhan Anda.

Namun untuk sementara ada beberapa hal yang dapat Anda dapat coba lakukan :

  • Mengubah pola makan menjadi lebih sehat dengan makan tepat waktu dan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang, banyak konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur, makan teratur dan menghindari makanan pedas, asam, berlemak, dan minuman beralkohol

  • Konsumsi air putih dalam jumlah banyak setiap harinya (lebih kurang 1,5-2 liter/hari)

  • Jagalah kebersihan daerah kemaluan

 

Semoga penjelasan ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi Anda. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar