Sukses

Benjolan di Selangkangan

29 Jan 2015, 10:24 WIB
Wanita, 27 tahun.

Mau tanya dok, saya wanita 27th. Saya belum menikah. Dan kemarin baru saya sadari kalau ada benjolan kecil kurang lebih 1cm maaf di selangkangan tapi masih di area paha. Benjolan itu lunak dan tidak sakit bila dipegang. Yang saya ingin tanyakan itu benjolan apa ya? apa penyebab timbulnya benjolan tersebut? apakah berbahaya? Dan kalau berbahaya sebaiknya saya konsultasi ke dokter spesialia apa dok? Terima kasih dan saya sangat berharap dokter mau menjawab pertanyaan saya.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Mengenai keluhan pertama Anda yaitu adanya benjolan di selangkangan, sulit bagi kami untuk mendiagnosis sebuah benjolan tanpa melakukan pemeriksaan fisik. Karena kami membutuhkan informasi seperti letak tepatnya, besarnya benjolan, permukaannya, apakah sewarna kulit, apakah dapat digerakkan atau tidak, sudah berapa lama, apakah semakin membesar, dll. Informasi tersebut diperlukan karena sebuah benjolan dapat disebabkan oleh banyak hal.

Di daerah selangkangan, benjolan paling sering disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening. Namun, benjolan juga dapat disebabkan karena hal lain seperti kista atau bisul baik kecil atau besar. Pembesaran kelenjar getah bening bisa disebabkan oleh beberapa hal, penyebab tersering adalah adanya infeksi pada area genitalia, contohnya infeksi saluran kemih, infeksi menular seksual. Pembesaran kelenjar getah bening juga bisa disebabkan oleh limfoma (kanker kelenajar getah bening). Apabila penyebabnya adalah infeksi maka seiring dengan infeksi tersebut menyembuh, kelenjar getah bening akan mengecil dengan sendirinya. Terapi akan tergantung dari penyebabnya.

Pada kasus Anda, kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis bedah umum untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung. Penyakit kelamin akan lebih mudah didiagnosa apabila dilihat secara langsung. Terapi tentu akan disesuaikan dengan penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar