Sukses

Oral Trush Pada Anak
30 Jul 2015, 21:16 WIB
Pria, 29 tahun.

dok saya mempunyai putra baru berumur 3 bulan lebih,saat ini putra saya menderita oral trust sudah berjalan selama kurang lebih 2 bulan,yang saya igin tanyakan apakah ada obat atau cara penyembuhan untuk putra saya,sekian terimah kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Oral Thrush atau candidiasis merupakan infeksi yang disebabkan oleh jamur candida. Candida dalam jumlah kecil merupakan flora normal di mulut. Candidiasis umum dijumpai pada mulut bayi yang dapat disebabkan karena kurang terjaganya kebersihan di mulut bayi atau karena pertumbuhan berlebih candida di mulut bayi akibat dari sebab yang tidak diketahui.

Banyak kasus ringan yang hanya muncul dalam waktu singkat dan sembuh tanpa pengobatan. Obat nystatin merupakan salah satu alternatif pengobatan candida. Umumnya sudah terdapat perbaikan setelah 7 hari dari hari pertama pengobatan.

Setelah obat diberikan, jangan dibilas dengan air putih, cukup didiamkan karena obat akan bekerja di area yang terkena jamur. Apabila terdapat rontokan, Anda dapat membersihkannya dengan kassa yang steril. Candidiasis dapat berulang pada bayi. Untuk menghindarinya, sebaiknya Anda melakukan beberapa tips di bawah ini :

  • Secara teratur, sterilkan botol susu anak Anda, terutama dot susu anak Anda
  • Apabila dot sudah lama, secara berkala ganti dengan dot yang baru
  • Sterilkan semua mainan mulut yang sering dimasukkan ke mulut anak Anda
  • Setiap kali habis menyusu, bersihkan mulut anak Anda dengan air bersih secukupnya atau kassa basah untuk menghindari penumpukan sisa susu yang dapat menyebabkan perkembangan jamur berlebih

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar